Bunda Perlu Tahu, Ini 4 Hal yang Memberikan Dampak Buruk terhadap Sistem Imun Anak

Jum'at, 06 Januari 2023 - 11:09 WIB
Selain makanan, ada beberapa hal atau aktivitas yang dapat memperlemah sistem imun, dan baik untuk diketahui para orang tua agar bisa dihindari atau dicegah. / Foto: ilustrasi/Freepik
JAKARTA - Sistem imun atau sistem pertahanan tubuh merupakan sistem perlindungan yang ada di dalam tubuh guna menangkal virus, bakteri, atau radikal bebas yang dapat menyebabkan sakit pada tubuh anak maupun orang dewasa.

Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak belum memiliki sistem imun yang cukup kuat. Anak-anak cenderung mudah jatuh sakit karena kekebalan tubuhnya belum terbentuk sempurna.

Selain makanan, ada beberapa hal atau aktivitas yang dapat memperlemah sistem imun, dan baik untuk diketahui oleh para orang tua agar bisa dihindari atau dicegah untuk menjaga sistem kekebalan tubuh anak.





Berikut adalah 4 hal yang dapat memengaruhi sistem imun anak, seperti dilansir dari Nutrition For Kids pada Jumat (6/1/2023).

1. Gula

Mengonsumsi terlalu banyak gula memberikan dampak buruk bagi tubuh, seperti berkontribusi terhadap penambahan berat badan, memengaruhi keseimbangan gula darah, dan memengaruhi kesehatan gigi mereka.

Tetapi gula juga dapat berdampak langsung pada sistem kekebalan anak, yang bertindak sebagai penekan sistem imun.

Gula mengurangi kemampuan sel darah putih tubuh untuk berfungsi. Kemampuanya untuk melemahkan daya tahan tubuh anak tak hanya 1-2 jam setelah dimakan. Namun, penelitian menunjukkan fungsinya masih berpengaruh hingga 5 jam kemudian.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More