Bunda Perlu Tahu, Ini 4 Hal yang Memberikan Dampak Buruk terhadap Sistem Imun Anak

Jum'at, 06 Januari 2023 - 11:09 WIB
Penting untuk mengurangi gula tambahan yang dikonsumsi oleh anak yang mampu mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh nantinya. Carilah alternatif gula alami yang biasanya terkandung pada buah-buahan, dan jika Anda memberikan makanan kemasan perhatikan kandungan gula pada label kemasan.

2. Gorengan

Makanan yang digoreng memang favorit semua orang, terutama anak-anak.

Tidak hanya makanan manis, tetapi makanan yang digoreng mengandung molekul tinggi yang memicu peradangan dan menyebabkan disfungsi sel kekebalan tubuh. Gorengan juga mengurangi fungsi antioksidan dalam tubuh dan berdampak negatif pada bakteri usus anak.

Mengingat sebagian besar sistem kekebalan ada di usus dan ada banyak interaksi antara sistem kekebalan dan bakteri pada usus, sehingga sangat penting untuk menghindari hal-hal yang berdampak negatif tersebut.

Membatasi makanan seperti kentang goreng, nugget ayam, keripik kentang, yang adalah cara yang bagus untuk mengurangi hal-hal yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh anak.

3. Kurang Tidur

Kualitas tidur yang konsisten dan baik memperkuat sistem kekebalan anak Anda dan membantu mereka pulih, serta melawan virus atau bakteri yang kemungkinan masuk ke tubuh.

Begitupun sebaliknya, ketika anak Anda kurang tidur, hal itu dapat berdampak negatif pada fungsi kekebalan tubuh dan mudah bagi anak untuk terserang virus. Hal ini disebabkan oleh penurunan produksi sitokin pelindung dan antibodi penangkal infeksi.

Sebagian besar anak membutuhkan sekitar 10-11 jam tidur per malam, tetapi tidak jarang anak-anak tidur kurang dari 9 jam. Beberapa penyebab umum yang memengaruhi ketidakmampuan anak untuk tidur adalah waktu layar seperti nonton film atau bermain gadget, asupan gula, kurangnya paparan sinar matahari di siang hari, stres atau kecemasan, kurangnya stimulasi fisik dan mental sepanjang hari.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More