alexametrics

Tujuh Tips Membangun Rutinitas Pagi yang Sehat agar Lebih Produktif

loading...
Tujuh Tips Membangun Rutinitas Pagi yang Sehat agar Lebih Produktif
Memiliki rutinitas pagi yang baik dapat membuat perbedaan besar dalam menjadi produktif dan tetap teratur. / Foto: Good to Know
A+ A-
JAKARTA - Rutinitas pagi dapat menjadi pelopor bagi orang-orang yang berharap untuk memiliki hari yang produktif. Karena sebagian besar orang telah bekerja dari rumah selama beberapa bulan terakhir, rutinitas di pagi hari tampaknya telah hilang. Para profesional muda dan bahkan orang dewasa muda sering memiliki rutinitas tergesa-gesa untuk mulai bekerja atau menghadiri kuliah sehingga sering melewatkan sarapan atau pergi ke gym.

(Baca juga: 6 Imbauan Perhimpunan Dokter Paru Terkait Transmisi COVID-19 lewat Udara)

Padahal, memiliki rutinitas pagi yang baik dapat membuat perbedaan besar dalam menjadi produktif dan tetap teratur. Menciptakan rutinitas pagi bukanlah tentang menyelesaikan lebih banyak tugas daripada yang lain, tetapi ini berkisar pada perasaan senang tentang diri Anda dengan menyelesaikan tugas-tugas tertentu, dan memulai hari dengan percaya diri, sikap positif, dan menetapkan waktu yang tepat untuk sisa hari itu. Saat mengerjakan banyak tugas, seringkali membuat stres atau kekurangan waktu bahkan sebelum hari dimulai.

Oleh karena itu, bangun pagi-pagi, lebih baik sebelum matahari terbit untuk memulai hari yang sehat dan produktif. Berikut adalah beberapa tips yang disarankan ahli diet dan pelatih kesehatan, Sheryl Salis, yang dapat Anda ikuti di pagi hari seperti dilansir Times Now News, Selasa (14/7).



1. Segera setelah Anda bangun, lakukan pose Balasana atau Child di tempat tidur dan tahan posisi itu selama mungkin. Yoga asana ini meningkatkan aliran darah ke otak dan membantu meringankan kekakuan otot. Duduk tegak dan bermeditasi atau melakukan latihan pernapasan untuk membantu menenangkan pikiran.

2. Rutinitas pagi berikutnya adalah oil pulling yang merupakan teknik kuno Ayurvedic yang menggunakan minyak murni seperti minyak kelapa sebagai obat kumur di mulut selama sekitar 5 menit dan membilasnya dengan air hangat. Minyak kelapa murni memiliki banyak manfaat kesehatan dan menggunakannya untuk oil pulling membantu meningkatkan kekebalan. Asam lemak rantai menengah (MCFA) dalam minyak mengandung asam laurat dan asam kaprilat, yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memiliki sifat anti-virus. Oil pulling harus dilakukan dalam keadaan perut kosong setiap pagi.



3. Jika Anda tidak tertarik dengan minyak, minumlah dua sendok teh minyak kelapa murni di pagi hari atau tambahkan sebagai minyak dasar untuk sarapan Anda. Ini juga dapat ditambahkan ke smoothie pasca-latihan Anda sebagai topping. Minyak kelapa murni adalah makanan super kuno yang membantu meningkatkan kekebalan, meningkatkan energi dan membantu dalam pengelolaan berat badan.

4. Minumlah 2 gelas air untuk mendetoksifikasi tubuh. Anda juga dapat menambahkan setengah lemon dan jahe dengan sejumput kayu manis segar, kunyit dan bubuk lada untuk membuat minuman kekebalan DIY di rumah.

5. Jam pagi adalah waktu paling hening dan damai dalam sehari, karenanya, hindari menggunakan gadget setelah bangun.

6. Pastikan Anda makan buah musiman dan berolahraga setelah ini. Alasan Anda harus berolahraga di pagi hari sebagai bagian dari rutinitas adalah agar Anda tidak merasa lesu sepanjang hari dan melewatkannya sama sekali. Berolahraga di pagi hari menghilangkan kelesuan dari tubuh sehingga lebih aktif dan fleksibel.

(Baca juga: Beragam Manfaat Air Kelapa, Salah Satunya Mencegah Covid-19)

7. Nikmati sarapan mewah yang mencakup karbohidrat, protein, lemak, dan susu. Sarapan yang baik dan berat memungkinkan untuk mengisi bahan bakar tubuh dan menghasilkan tingkat energi yang lebih konsisten sepanjang hari serta merasa lebih waspada dan fokus.
(nug)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak