Cara Cek Kolesterol Tanpa Alat, Cukup Lakukan Ini di Rumah

Selasa, 24 Januari 2023 - 10:15 WIB
loading...
A A A
7. Nyeri dada

8. Kram

9. Gejala stroke di sini dimaksudkan bahwa penyumbatan pembuluh darah di otak karena kurangnya asupan oksigen dan darah yang menyebabkan seseorang mengalami gejala melemahnya salah satu sisi tubuh atau sakit kepala hebat.

10. Disfungsi ereksi

11. Xanthoma sendiri adalah kelainan kulit yang ditandai penumpukan lemak, sehingga membentuk benjolan-benjolan kecil (papula). Kondisi ini bisa muncul di bagian tubuh manapun, tetapi lebih sering di persendian, khususnya lutut dan siku.

Jika gejala-gejala di atas kerap dialami, ada sebaiknya Anda periksa kolesterol di fasilitas kesehatan. Konsultasi ke dokter pribadi setelahnya dapat membantu menjelaskan kondisi kesehatan Anda sebenarnya.

Menjadi pertanyaan sekarang, apakah sebelum tes kolesterol seseorang harus puasa terlebih dulu?

Menurut laporan Healthline, sejatinya kolesterol dapat dites tanpa puasa. Meski, dengan berpuasa dipercaya hasil tes lebih akurat, karena LDL atau kolesterol jahat dipengaruhi apa saja yang baru Anda makan. Begitu juga yang terjadi pada trigliserida.

Namun, pedoman baru yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology, menjelaskan bahwa orang yang tidak mengonsumsi statin mungkin tidak perlu berpuasa sebelum darahnya diuji kadar kolesterol.

"Dokter Anda mungkin merekomendasikan puasa sebelum memeriksa kolesterol. Kalau memang merekomendasikan, puasa makan selama 9 hingga 12 jam sebelum tes. Minum air putih diperbolehkan," ungkap laporan kesehatan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)