Hari Gizi Nasional 2023, Ini Daftar Makanan Kaya Protein yang Murah Meriah

Rabu, 25 Januari 2023 - 15:36 WIB
loading...
Hari Gizi Nasional 2023, Ini Daftar Makanan Kaya Protein yang Murah Meriah
Hari Gizi Nasional 2023 diperingati pada 25 Januari. Kemenkes mengangkat tema Protein Hewani Cegah Stunting dengan slogan Protein Hewani Setiap Makan. Foto/Average Joes Fitness
A A A
JAKARTA - Hari Gizi Nasional 2023 diperingati pada 25 Januari. Untuk perayaan kali ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengangkat tema Protein Hewani Cegah Stunting dengan slogan Protein Hewani Setiap Makan dan Isi Piringku Kaya Protein Hewani.

Sesuai dengan tema Hari Gizi Nasional 2023, dokter spesialis gizi dr Yohan Samudra menjelaskan makanan sehat kaya protein yang murah meriah. Kandungan protein pada makanan ini pun tak kalah dari ikan salmon.

"Banyak, misalnya telur dan ayam sebagai sumber protein memiliki nilai biologis protein yang tinggi," kata dr Yohan saat dihubungi MNC Portal, Rabu (25/1/2023).

"Ada juga hati ayam atau hati sapi yang tinggi zat besi, juga ikan kembung atau lele yang kandungan omega 3-nya nggak kalah dari salmon," sambungnya.

Baca Juga: Peringati Hari Gizi Nasional, Kemenkes Ingatkan Pentingnya Konsumsi Protein Hewani

Manfaat lain dari mengonsumsi makanan tinggi protein adalah mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Dalam hal ini berkorelasi dengan pencegahan stunting pada anak.

Plt Direktur Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Kemenkes Ni Made Diah menjelaskan bahwa makanan hewani mempunyai kandungan zat gizi lengkap. Makanan ini kaya protein hewani dan vitamin yang penting untuk tubuh.

"Studi yang dilakukan oleh Headey et.al (2018) menyatakan bahwa ada bukti kuat hubungan antara stunting dan konsumsi pangan hewani pada balita 6-23 bulan, seperti susu atau produk olahannya, daging atau ikan dan telur," jelas Diah.

"Penelitian tersebut juga menunjukkan konsumsi pangan berasal dari protein hewani lebih dari satu jenis lebih menguntungkan, daripada konsumsi satu jenis pangan hewani. Protein hewani penting dalam penurunan stunting,” tandasnya.

Baca Juga: Hari Gizi Nasional 2022, Minum Susu Rutin Bisa Mencegah Stunting
(dra)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2303 seconds (11.210#12.26)