7 Rekomendasi Menu Diet yang Mudah Dibuat dan Dicari

Rabu, 25 Januari 2023 - 17:49 WIB
loading...
7 Rekomendasi Menu Diet yang Mudah Dibuat dan Dicari
Terdapat tujuh rekomendasi menu diet yang mudah dibuat dan dicari. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat tujuh rekomendasi menu diet yang mudah dibuat dan dicari. Tujuh menu diet ini selain dapat membantu menurunkan berat badan juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Dilansir dari National Heart, Lung, and Blood Institute, memiliki rencana makan yang sehat dapat memberi tubuh nutrisi yang dibutuhkan sembari tetap mempertahankan kalori harian. Pola makan sehat ini juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kondisi kesehatan lain.

Baca juga : 6 Tips Menu Diet Sehat

Untuk menu diet yang tetap dapat menopang kinerja tubuh dengan baik ini tidaklah sulit untuk dipenuhi. Bahkan beberapa bahan makanan yang biasa dikonsumsi ternyata dapat dijadikan menu sehat untuk menurunkan berat badan.

Berikut tujuh menu diet yang mudah dibuat dan dicari :

1. Salad

Bayam dan selada merupakan dua sayuran yang biasa digunakan dalam salad untuk diet. Dapat juga ditambahkan tomat, wortel, kacang tanah, minyak zaitun dan perasan lemon.

2. Telur Rebus

Untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh, telur rebus dapat dijadikan pilihan. Karena putih telur mengandung sekitar 4-6 gram protein yang dapat menjadi sumber energi.

3. Kentang Rebus

Sumber karbohidrat untuk menu diet dapat menggunakan kentang rebus. Selain memiliki kandungan karbohidrat, kentang juga punya kalium yang bagus untuk menjaga tekanan darah.

4. Kacang Kacangan

Jenis kacang seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang merah, dan kacang polong dapat dikonsumsi sebagai menu diet dengan cara direbus. Sebab kacang punya protein dan serat yang membantu memberikan rasa kenyang.

Baca juga : Tambahkan Kacang Kenari dalam Menu Diet Anda

5. Alpukat

Buah yang punya rasa unik ini dapat mengurangi rasa lapar karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain itu terdapat pula kandungan lemak sehat yang bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh.

6. Oatmeal

Oatmeal selain dapat memenuhi karbohidrat dalam tubuh juga dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh serta meningkatkan rasa kenyang karena kaya akan serat.

7. Dada Ayam Panggang

Menu diet tidak harus menghindari makanan berlemak, karena lemak juga merupakan nutrisi yang punya peran penting dalam tubuh, seperti menjaga struktur sel, hingga membantu penyerapan vitamin.

Makanan berlemak yang direkomendasikan dan mudah didapat dalam dada ayam. Namun cara memasaknya haruslah direbus atau dipanggang. Karena bila memasak dengan cara menggoreng hanya akan menambah kadar lemak jenuh pada makanan.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1232 seconds (0.1#10.140)