6 Tips Menu Diet Sehat

Kamis, 16 April 2020 - 22:30 WIB
loading...
6 Tips Menu Diet Sehat
Salah satu cara untuk terus meningkatkan kesehatan adalah dengan menerapkan pola makan sehat. Ada beberapa menu diet sehat yang bisa Anda jalani. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) selalu menekankan betapa pentingnya meningkatkan kesehatan bagi masyarakat dunia, apalagi di tengah pandem virus corona atau covid-19.

Salah satu cara untuk terus meningkatkan kesehatan adalah dengan menerapkan pola makan sehat. Pasalnya hal ini dapat menentukan fungsi dan kinerja proses biologis vital di tubuh Anda.

Sementara, pola makan yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, masalah pencernaan, bahkan masalah kesehatan jantung.

Jadi, sangat penting bagi Anda untuk menerpakan diet yang lengkap dan sehat dengan makan makanan yang lebih bergizi. Melalui Diet yang seimbang, hal ini dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik, juga kesehatan mental. Seperti dilansir Boldsky, berikut beberapa tips menu diet yang sehat.

1. Pilih roti gandum daripada roti putih
Roti putih memilik nilai giz yang kurang baik karena rendah serat, protein, vitamin, mineral, dan antioksidan. Sementara roti gandum bisa menjadi opsi untuk diet sehat.

2. Makan telur saat sarapan
Telur kaya akan protein, vitamin dan mineral dan dapat membantu membangun tubuh dan otot yang sehat. Anda bisa makan telur setidaknya satu telur Saat sarapan.

3. Tingkatkan konsumsi protein
Protein dikenal sebagai 'bahan pembangun tubuh', dan menjadi salah satu nutrisi terpenting yang dibutuhkan kita untuk mempertahankan tingkat kesehatan optimal.

4. Minum cukup air
Kita disarankan untuk minum setidaknya 7 hingga 8 gelas air setiap hari untuk menghidrasi tubuh.

5. Hindari sereal manis
Semangkuk sereal, biasanya cenderung tinggi gula dan rendah makronutrien seperti protein dan serat. Untuk alternatif yang lebih sehat, anda bisa pilih makanan seperti oatmeal atau yoghurt.

6. Kombinasi buah dan sayuran
Seperti yang ditunjukkan oleh penelitian, kita diharuskan makan setidaknya 5 porsi variasi buah dan sayuran setiap hari. Anda bisa mengonsumsinya dengan berbagai cara seperti dikeringkan, dijus, dimakan langsung atau dimasak.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1440 seconds (0.1#10.140)