11 Cara Mengobati Saraf Kejepit secara Alami, Mudah Dilakukan Kok!

Kamis, 26 Januari 2023 - 10:37 WIB
loading...
11 Cara Mengobati Saraf Kejepit secara Alami, Mudah Dilakukan Kok!
Saraf kejepit bisa muncul di mana saja di tubuh Anda. Foto Ilustrasi/Aica
A A A
JAKARTA - Saraf kejepit bisa muncul di mana saja di tubuh Anda. Cara mengobati saraf kejepit secara alami di artikel ini bisa jadi referensi Anda ketika mengalami masalah tersebut. Jika kondisi semakin serius, penanganan medis tetap diperlukan agar meminimalisir risiko perburukan.

Saraf kejepit mengacu pada kerusakan yang terjadi pada saraf atau sekelompok saraf ketika jaringan di sekitarnya (tulang rawan, cakram, tendon, atau otot) meningkatkan tekanan ke saraf.

Saraf kejepit bisa muncul di mana saja di tubuh Anda, namun ada area yang umum terjadi seperti di leher, bahu, pergelangan tangan, siku, atau punggung bawah.

Baca Juga: Deretan Jenis Olahraga yang Tepat untuk Penderita Saraf Kejepit

Dokter Jacob Hascalovici, kepala petugas medis di platform kesehatan digital Clearing yang juga dokter spesialis nyeri mencatat, ada banyak jenis saraf kejepit yang diberi nama sesuai lokasinya. Dia mencontohnya dua nama ini.

Pertama, Carpal tunnel yang mana terjadi ketika saraf di area tendon yang melingkari tangan tertekan akibat peradangan tendon.

Lalu, jenis saraf kejepit kedua adalah ulnar neuropathy atau kondisi yang terjadi saat saraf ulnaris tertekan, sehingga menyebabkan kesemutan di tangan.

"Beberapa saraf kejepit membutuhkan perawatan profesional untuk mengobatinya, namun beberapa gejala saraf kejepit ringan dapat diminimalisir kondisinya di rumah," ungkap dr Hascalovici, dikutip dari Healthline, Kamis (26/1/2023).

Lantas, bagaimana cara mengobati saraf kejepit secara alami?

1. Atur Ulang Postur Tubuh

"Duduk atau berbaring dalam posisi tertentu dapat membantu meringankan rasa sakit," kata dr Kaliq Chang, dokter spesialis manajemen nyeri intervensi tulang belakang dan leher di Atlantic Spine Center.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3665 seconds (11.97#12.26)