4 Makanan Penurun Kolesterol untuk Hindari Risiko Komplikasi Mematikan

Minggu, 29 Januari 2023 - 06:00 WIB
loading...
4 Makanan Penurun Kolesterol untuk Hindari Risiko Komplikasi Mematikan
Ada empat makanan penurun kolesterol untuk menghindari risiko komplikasi yang mematikan. Menurut Heart UK, makanan ini wajib dimasukkan ke dalam diet harian. Foto/India.com
A A A
JAKARTA - Ada empat makanan penurun kolesterol untuk menghindari risiko komplikasi yang mematikan. Menurut Heart UK, makanan ini wajib dimasukkan ke dalam diet hari-harian.

Makanan penurun kolesterol pertama adalah makanan dengan tambahan sterol dan stanol. Ini merupakan bahan kimia tanaman yang ukuran dan bentuknya mirip dengan kolesterol.

“Mereka diserap dari usus ke dalam aliran darah. Mereka memblokir beberapa kolesterol agar tidak diserap, menurunkan kolesterol dalam darah Anda,” kata Hert UK dilansir dari Express, Minggu (29/1/2023).

Makanan jenis ini dapat ditemukan pada yoghurt, olesan lemak dan susu. Makanan ini menurunkan kolesterol tinggi secara bertahap, selama beberapa minggu. Namun, jumlah sterol dan stanol yang membantu menurunkan kolesterol bergantung pada jumlah yang dimakan.



Kombinasi penghilang kolesterol lainnya untuk ditambahkan ke dalam diet adalah oat dan jelai, yang kaya akan serat beta glukan. Saat dimakan, beta gluten membentuk gel yang mengikat asam empedu yang kaya kolesterol di usus.

“Ini membantu membatasi jumlah kolesterol yang diserap dari usus ke dalam darah Anda. Hati Anda kemudian harus mengeluarkan lebih banyak kolesterol dari darah untuk empedu menurunkan kolesterol darah Anda,” ujar Heart UK.

Oat dan jelai dapat ditemukan di bubur, sereal berbahan dasar gandum dan kue gandum. Kacang adalah bahan lain yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, yang mengandung lemak tak jenuh, serat, vitamin E, magnesium, dan potasium.

Jenis kacang yang disaranakn dikomsumsi adalah almond, macadamia, kacang brazil, kacang mete, hazelnut, pistachio, kenari, kacang tanah, dan pecan. Kedelai juga bisa menurunkan kolesterol, seperti susu kedelai, kedelai cincang, kacang edamame, dan tahu.



"Cobalah makan ini setiap hari sebagai bagian dari diet sehat Anda. Semakin banyak Anda menambahkannya ke dalam apa yang Anda makan, semakin mereka dapat membantu menurunkan kolesterol, terutama untuk mengurangi lemak jenuhnya,” tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2523 seconds (0.1#10.140)