5 Artis yang Hobi Memelihara Burung, Nomor 3 Koleksinya 200 Ekor Lebih

Senin, 30 Januari 2023 - 16:36 WIB
loading...
5 Artis yang Hobi Memelihara Burung, Nomor 3 Koleksinya 200 Ekor Lebih
Angela Gilsha, salah satu artis yang memiliki hobi burung. Foto/Instagram
A A A
JAKARTA - Burung adalah hewan bertulang belakang yang memiliki bulu dan sayap, menjadi peliharaan paling populer di Indonesia. Hal ini telah berlangsung sejak zaman dahulu.

Beragam alasan yang membuat orang memiliki hobi terkait burung, mulai dari suaranya yang merdu dan unik, daya tarik keindahan bulu, kelincahan atau tingkah laku, hingga pemeliharaannya yang mudah.

Pehobi burung datang dari berbagai kalangan, salah satunya adalah artis. Berikut deretan artis Tanah Air yang hobi memelihara burung.

1. Irfan Hakim
5 Artis yang Hobi Memelihara Burung, Nomor 3 Koleksinya 200 Ekor Lebih

Irfan Hakim merupakan salah satu artis hobi memelihara berbagai macam binatang, mulai dari burung, ular, kura-kura, iguana, dan lain-lain.



Diketahui, akhir-akhir ini dia sering membawa burung yang baru ia beli beberapa bulan terakhir, yaitu burung african grey parrot, ke lokasi syuting. Irfan mengatakan bahwa burungnya itu dapat membantu mengurangi rasa bosan di lokasi syuting.

Ia memiliki banyak burung di rumah, akan tetapi memutuskan untuk mengakrabkan diri dengan burungnya yang satu ini, karena burung peliharaan yang lain lebih akrab dengan pembantunya.

Selain burung african grey parrot, Irfan juga memelihara burung unta, burung beo hitam, burung merak blorok, merak india, burung hantu, burung macaw, dan lain-lain.

Melalui channel YouTube milik Ucok Baba, Irfan mengatakan biaya untuk makan keseluruhan peliharaannya berkisar kurang lebih Rp700 juta. Agar burung-burung peliharaannya merasa nyaman, Irfan membuat aviary atau kandang burung besar di pekarangan rumahnya, kurang lebih seluas 500 meter persegi.

Bukan hanya burung, ia juga menempatkan kura-kuranya di sana. Aviary yang dibangun Irfan memiliki suasana seperti di alam bebas sehingga membuat hewan-hewan miliknya merasa nyaman.

2. Lucky Hakim
5 Artis yang Hobi Memelihara Burung, Nomor 3 Koleksinya 200 Ekor Lebih

Artis Lucky Hakim memiliki kurang lebih 100 ekor burung dan juga hewan lainnya. Diketahui, ia suka memelihara burung macaw yang harganya bisa sampai Rp75 juta. Lucky sudah menyukai berbagai macam hewan sejak dirinya kecil.

Ia juga mengatakan, menyukai hewan termasuk anugerah sekaligus kutukan. Hal ini dikarenakan perawatan hewan yang dimilikinya tidak begitu mudah dan karena kesibukannya ia harus memiliki beberapa karyawan untuk membantunya merawat semua peliharaan miliknya.

Untuk urusan biaya perawatan, makanan, dan segala hal mengenai hewan peliharaannya itu, Lucky sudah menyiapkan biaya meski harus merogoh kocek yang tak sedikit.

Saat burungnya mati, sekitar tahun 2016, Lucky merasa sangat terpukul dan sedih karena diketahui selain sangat menyayangi hewan peliharaannya yang berjenis burung makau, hewan itu ia beli dengan harga Rp 50 juta.

3. Opie Kumis
5 Artis yang Hobi Memelihara Burung, Nomor 3 Koleksinya 200 Ekor Lebih

Muchtar Lutfi atau yang biasa disapa Opie Kumis adalah artis yang hobi memelihara burung. Ia memiliki kurang lebih 200 ekor burung, seperti lovebird, murai, jalak bali, cucak ijo, dan lain-lain.

Burung yang pertama ia miliki adalah burung cucak ijo bernama Si Jamblang. Ia membeli burung itu dengan harga Rp1,3 juta. Awal mula Opie menyukai burung ketika ia diajak oleh anaknya untuk datang ke lomba burung.

Dari situlah ketertarikannya pada burung mulai muncul. Untuk keperluan makanan burungnya, Opie bisa merogoh kocek sebesar Rp1,5 juta hingga Rp2 juta per bulan guna membeli pakan.

Selain dipelihara, Opie juga sering mengikutkan burungnya dalam perlombaan burung kicau. Selain ada rasa senang saat mendengar suara indah burung koleksinya, Opie juga dapat menyambung silaturahmi dengan sesama pecinta burung di ajang lomba tersebut. Burung miliknya yang sering diikutkan dalam lomba burung adalah cucak ijo.

Burung cucak ijo peliharaannya itu berhasil memenuhi lemari hadiah milik pelawak senior tersebut. Burung-burung miliknya pernah ingin dibeli oleh pecinta burung lainnya, akan tetapi Opie tidak mau menjual burung-burung kesayangannya itu.

4. Uya Kuya
5 Artis yang Hobi Memelihara Burung, Nomor 3 Koleksinya 200 Ekor Lebih

Artis Uya Kuya termasuk sosok yang menyukai hewan. Ia memelihara banyak binatang, termasuk hewan yang tergolong eksotis, seperti kucing caracal.

Dalam daftar hewan peliharaan Uya, terdapat pula burung macaw dan kakatua. Ia tak segan mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk bisa memiliki dan merawat hewan-hewan peliharaannya tersebut.

5. Angela Gilsha
5 Artis yang Hobi Memelihara Burung, Nomor 3 Koleksinya 200 Ekor Lebih

Selain para lelaki, artis cantik Indonesia juga ada yang merupakan pehobi burung. Sebut saja, Angela Gilsha. Sudah menjadi rahasia umum jika artis yang memiliki darah blasteran Italia ia terkenal menyukai binatang, tak terkecuali burung.

Diketahui dari laman Instagram miliknya, Angela memiliki hewan peliharaan berupa burung cockatiel bernama Pika, yaitu burung beo berukuran sedang asal Australia.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1581 seconds (0.1#10.140)