Unik! Hotel Ini Mungkinkan Tamu Tidur di 2 Negara Sekaligus

Selasa, 31 Januari 2023 - 08:14 WIB
loading...
Unik! Hotel Ini Mungkinkan Tamu Tidur di 2 Negara Sekaligus
Hotel Arbez Franco-Suisse atau biasa disebut LArbezie yang berada di Eropa memiliki kekhasan tersendiri karena terletak di perbatasan dua negara. Foto/Instagram @briandrobertson
A A A
JAKARTA - Hotel Arbez Franco-Suisse atau biasa disebut L'Arbezie yang berada di Eropa memiliki kekhasan tersendiri karena terletak tepat di atas perbatasan dua negara. Hotel dibangun dengan gaya rustic.

Hal ini terjadi akibat Perjanjian Dappes 1862 di mana Prancis dan Swiss menyetujui pertukaran teritorial kecil untuk memungkinkan kendali penuh Prancis atas jalan strategis terdekat.



Perjanjian itu juga memuat aturan agar bangunan di sepanjang perbatasan tetap pada tempatnya. Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh para pengusaha lokal untuk membuka toko dan bar. Kesempatan tersebut pun tak dilewatkan oleh Mr. Ponthus.

Dia membangun toko yang melintasi perbatasan, sehingga memungkinkannya berbisnis di dua negara secara bersamaan.

Berubah Jadi Hotel

Pada 1822 toko tersebut berubah menjadi hotel. Di mana hotel ini adalah tempat peristirahatan yang sempurna bagi para pemain ski dan para pecinta petualangan lain yang ingin mengakses Pegunungan Alpen.

Selain kamar, restoran di Hotel Arbez juga terletak di dua negara. Di sisi Prancis mereka menyajikan berbagai hidangan yang disukai oleh orang Prancis, sedangkan di sisi Swiss, makanan yang lebih ringan digemari oleh orang Swiss.

Hotel Arbez dipisahkan oleh garis yang tidak terlihat yang melalui dapur, ruang makan, lorong, dan kamar-kamar hotel.


Unik! Hotel Ini Mungkinkan Tamu Tidur di 2 Negara Sekaligus

Foto/Instagram

Kesulitan untuk mengelola hotel di dua negara ini adalah pajaknya. SARL Arbez Franco Suisse, perusahaan di balik hotel tersebut, membayar pajak sama rata ke dua negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1972 seconds (0.1#10.140)