Melaney Ricardo Lakukan Operasi Pengangkatan Rahim, Apa Alasannya?

Selasa, 31 Januari 2023 - 09:16 WIB
loading...
Melaney Ricardo Lakukan Operasi Pengangkatan Rahim, Apa Alasannya?
Melaney Ricardo memutuskan untuk melakukan operasi pengangkatan rahim. Foto/Instagram Melaney Ricardo
A A A
JAKARTA - Melaney Ricardo mengambil langkah besar dalam hidupnya. Dia memutuskan untuk melakukan operasi pengangkatan rahim.

Langkah itu harus diambil agar Melaney bisa hidup tenang. Pasalnya, selama ini ibu dua anak tersebut kerap merasa terganggu tiap kali masa menstruasinya tiba.

Selama menstruasi, Melaney selalu merasa kesakitan luar biasa. "Kalau dulu belum melahirkan, setiap menstruasi selalu sakit, tapi sekarang aku merasa sakitnya ekstra," kata Melaney Ricardo, dikutip dari kanal Youtubenya pada Selasa (31/1/2023).



"Kalau nggak dikasih painkiller, hari pertama kedua, ketiga, nggak bisa beraktivitas. Setelah dikasih painkiller, itu pun masih ada period cramp-nya," tambah sang presenter.

Bukan sekadar sakit, tapi darah yang dikeluarkan Melaney Ricardo juga sangat banyak. Dia bahkan pernah mendapati kakinya dialiri darah menstruasi saat sedang berada di gereja.

"Aku lagi kesaksian di gereja, aku selesai ibadah, ada yang mengalir di kaki aku, aku pikir keringet ternyata darah," ungkap Melaney.

Dari sana Melaney Ricardo menyadari ada sesuatu yang tidak beres. Dia lantas memeriksakan diri pada dokter.

Berbagai masalah Melaney dapat seperti hemoglobin rendah dan yang mengejutkan adalah, ternyata dia menderita adenomiosis. Sejumlah terapi seperti terapi hormon hingga disuntikkan pil KB sudah dijalani Melaney Ricardo agar tidak menstruasi.

"Jadi yang aku alami, aku mengalami adenomiosis," jelas Melaney.



Tapi memang dokter kandungan yang didatangi Melaney mengatakan, terapi hormonal dan obat-obatan tak akan menghilangkan adenomiosis, melainkan hanya mencegah agar tidak bertumbuh.

Adenomiosis sendiri merupakan kondisi ketika endometrium atau lapisan permukaan rongga rahim tumbuh di dalam dinding otot rahim. Kondisi tersebut bisa menyebabkan perdarahan, rasa nyeri, dan berpengaruh buruk terhadap kualitas hidup si penderita.

Akhirnya, Melaney Ricardo pun menginginkan solusi jangka panjang untuk menghilangkan kesakitannya. Dia lantas mantap memilih melakukan operasi pengangkatan rahim.

Sekarang, Melaney bisa bernapas lega. Memang rahimnya telah diangkat, tapi hal ini tak menjadikan dia mengalami menopause dini.

"Setelah rahimku diambil aku tidak akan menstruasi lagi. Tidak menopause, tapi tidak menstruasi. Ovariumnya masih ada, jadi berhubungan intim suami istri masih bisa," tuturnya.

Bagi Melaney Ricardo, dirinya tak menyesali pengangkatan rahim demi kesembuhan. Dia juga bersyukur sudah memiliki dua orang anak bersama suaminya, Tyson Lynch.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)