5 Pejabat yang Hobi Pelihara Burung, Gubernur hingga Presiden

Selasa, 31 Januari 2023 - 12:53 WIB
loading...
5 Pejabat yang Hobi Pelihara Burung, Gubernur hingga Presiden
Di tengah kesibukan, sejumlah pejabat menyempatkan diri untuk menyalurkan hobi memelihara burung di rumah. Salah satunya Anies Baswedan. Foto/Facebook Anies Baswedan
A A A
JAKARTA - Di tengah kesibukan, sejumlah pejabat menyempatkan diri untuk menyalurkan hobi memelihara burung di rumah. Selain memelihara, mereka juga mengoleksi berbagai jenis burung kicau dan langka.

Bahkan, di antara para pejabat itu ada yang sampai bergabung dengan komunitas pecinta burung hingga mengadakan perlombaan burung. Berikut lima pejabat yang hobi memelihara burung.

1. Joko Widodo
5 Pejabat yang Hobi Pelihara Burung, Gubernur hingga Presiden

Foto/Biro Pers Setpres

Orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo, ternyata memiliki hobi memelihara burung di tengah kesibukannya mengurus negara. Jokowi diketahui memiliki beberapa jenis burung yang tergantung di halaman belakang rumahnya di Solo.

Jenis burung yang dipelihara Jokowi antara lain cucakrawa, jalak, perkutut, murai batu, dan parkit. Burung peliharaannya itu ada yang pernah diikutsertakan dalam perlombaan burung. Misalnya pada Festival dan Pameran Burung Berkicau Piala Presiden Jokowi 2018 yang berlangsung di Kebun Raya Bogor.
Presiden memilih burung murai batu peliharaannya untuk mengikuti lomba tersebut karena memiliki suara kicauan yang sangat merdu. Sayang, burung murai batu milik Jokowi harus kalah dari peserta lain.

Terkait lomba burung kicau, Jokowi mengatakan bahwa penangkaran burung dan acara perlombaan burung kicau merupakan hal yang positif sebagai bagian dari budaya masyarakat dan aktivitas yang juga bernilai ekonomi.

2. Bambang Soesatyo
5 Pejabat yang Hobi Pelihara Burung, Gubernur hingga Presiden

Foto/Dok MPR RI

Bambang Soesatyo atau yang akrab disapa Bamsoet merupakan pengusaha yang sekarang menjabat Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) periode 2019-2024.

Menyandang jabatan Ketua MPR, tentu Bamsoet memiliki aktivitas yang padat. Namun demikian, ia tak lupa meluangkan waktu untuk menyalurkan hobi. Salah satunya memelihara berbagai jenis burung di rumah.

Bamsoet mengaku, hobi memelihara burung sejak masih duduk di SMP. Menurutnya, kicauan burung dapat menjadi penghilang stres dan menenangkan jiwa.
Bamsoet memiliki puluhan burung eksotis dari mancanegara, di antaranya merak dari India. Selain itu ia juga memiliki jalak bali, rajawali, elang, dan burung langka lain. Untuk menyalurkan hobinya lebih jauh, Bamsoet bahkan bergabung dalam komunitas penggemar burung dan membuka sebuah perlombaan burung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2106 seconds (0.1#10.140)