Di Balik Tren Mandi Lumpur yang Viral, Ini Bahayanya Bagi Kesehatan!

Selasa, 31 Januari 2023 - 15:21 WIB
loading...
A A A


Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, mandi dengan air lumpur sangat mungkin menimbulkan bahaya untukkesehatan kulit berikut.

1. Kulit Keriput dan Terkelupas
Mandi di air lumpur, apalagi dalam waktu yang lama bisa membuat kulit menjadi keriput.Kondisi ini dapat membuat kulit di area tertentu terkelupas, terutama pada telapak kaki atautelapak tangan.

2. Gatal dan Timbul Luka
Selain kulit terkelupas, paparan lumpur yang kotor juga bisa memicu rasa gatal. Bila rasa gatal ini membuat Anda terus menggaruknya,maka akan timbul luka terbuka. Nah luka bekas garukan ini bisa jadi gerbang masuknya bakteri ke dalam kulit.

3. Infeksi Kulit
Luka terbuka mengundang bakteri yang bisa menginfeksi jaringan kulit. Infeksi kulit yang palingumum terjadi adalah selulitis. Infeksi kulit ini menimbulkan kemerahan, pembengkakan, dannyeri pada area kulit yang terinfeksi.Bahaya mandi lumpur lain yang mengintai, yakni terbentuknya abses di kulit. Gejalanya miripdengan selulitis tapi disertai benjolan berisi nanah.

4. Eksim
Terakhir, mandi lumpur juga bisa menimbulkan efek samping yang buruk pada orang dengankulit sensitif.Reaksi alergi dan eksim bisa saja terjadi jika kondisi kulitnya sensitif.Bila terkena eksim , kulit akan menjadi kering berisik, terasa sangat gatal, dan kadang disertaipembengkakan.

(wur)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)