4 Penyebab Darah Haid Berwarna Hitam, Salah Satunya Radang Panggul

Rabu, 01 Februari 2023 - 11:40 WIB
loading...
A A A
2. Baru Mulai Menstruasi atau Akan Berakhir

Salah satu penyebab darah haid berwarna hitam adalah karena menstruasi yang terjadi di awal atau akhir siklus menstruasi wanita.

Darah haid berwarna hitam menandakan bahwa darah itu sudah mengendap lama di dalam rahim, serta melewati proses oksidasi. Awalnya, darah haid hitam memiliki warna cokelat atau merah tua, hingga akhirnya berubah jadi hitam.

3. Radang Panggul

Anda perlu mewaspadai salah satu gejala dari radang panggul, yaitu warna darah haid hitam. Anda juga harus waspada jika darah haid hitam tersebut berbau tak sedap serta diiringi rasa sakit yang hebat pada area panggul, mual muntah, hingga demam di atas 38 derajat celsius.

Radang panggul merupakan kondisi infeksi yang terjadi pada saluran reproduksi wanita. Infeksi ini dapat terjadi ketika bakteri menyerang rahim, tuba falopi, atau indung telur.

4. Lochia

Lochia merupakan pendarahan yang muncul pada wanita, tepatnya 4-6 minggu setelah melahirkan. Di hari pertama perdarahan, lochia menyebabkan keluarnya darah berwarna merah. Pada hari keempat dan seterusnya, darah akan mulai berwarna gelap.

Seiring berjalannya waktu, lochia akan berubah warna menjadi kuning dan berhenti dengan sendirinya. Meski begitu, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter jika lochia menyebabkan darah berwarna merah, bercak besar, atau bau busuk setelah melahirkan.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1740 seconds (0.1#10.140)