Solusi Alat Masak Sehat Bebas Substansi Kimia Berbahaya PFAS

Jum'at, 03 Februari 2023 - 13:36 WIB
loading...
Solusi Alat Masak Sehat Bebas Substansi Kimia Berbahaya PFAS
SESA menghadirkan GreenPan, brand panci sehat berlapis keramik antilengket dan antigores yang berasal dari material alami. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Peralatan masak yang kita pakai sehari-hari di dapur bisa jadi mengandung material berbahaya bagi kesehatan. Sebab, saat ini masih ada banyak alat masak seperti panci, penggorengan, bahkan rice cooker yang menggunakan lapisan antilengket berbahaya.

Salah satu unsur yang paling sering dipakai untuk peralatan masak adalah substansi PFAS (Per- and Polyfluoroalkyl Substances). Yaitu sebuah substansi kimia oleophobic (antiminyak) dan hydrophobic (antiair). Karena sifatnya, substansi ini banyak dimanfaatkan dalam industri elektronik dan otomotif.

Namun, jika digunakan dan terkonsumsi oleh manusia ataupun hewan, PFAS dapat menimbulkan beberapa gejala efek samping. Di antaranya gangguan hormon tiroid hingga kanker, seperti yang dilaporkan dalam makalah Temu Wicara Program Studi Magister Teknik Air Tanah Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) Institut Teknologi Bandung (ITB) berkolaborasi dengan Jacobs Engineering pada 2021.

PFAS akan terlepas dari permukaan panci ketika terkena panas berlebih dan bercampur dengan makanan yang sedang dimasak. Maka sia-sialah semua makanan sehat yang Anda sajikan untuk keluarga di rumah, jika masih menggunakan peralatan masak yang mengandung PFAS.

Mengingat efek berbahaya substansi PFAS merupakan efek jangka panjang yang tidak akan terasa dalam waktu dekat, risikonya merupakan silent toxic bagi tubuh.

Hal inilah yang mendorong SESA sebagai perusahaan yang memproduksi, menjual, dan mendistribusikan produk sehat, untuk menghadirkan GreenPan sebagai jawaban dari masalah tersebut.

GreenPan adalah brand panci sehat berlapis keramik antilengket dan antigores yang berasal dari material alami. Lapisannya yang aman bagi kesehatan dinamakan thermolon, yang terbuat dari bahan turunan pasir, sehingga tidak memerlukan bahan kima beracun seperti PFAS dan PFOA dalam proses produksinya.

“Karena terbuat dari bahan alami dan 0% racun, GreenPan 100% aman jika bereaksi dengan panas seperti terkelupas atau tidak sengaja terbawa masuk ke dalam masakan. Jadi selain tetap dapat menyajikan masakan bergizi, para ibu juga tak peru khawatir akan bahaya karsinogenik pemicu kanker yang terbawa masuk ke dalam tubuh,” ungkap Reni Rahmawati, ahli gizi dari SESA, melalui keterangan tertulis belum lama ini.

Sebagai pelopor panci penggorengan berlapis keramik, GreenPan menjadikan thermolon lapisan pengantar panas terbaik yang pernah diciptakan. Selain tahan panas hingga 450 derajat celcius, thermolon memungkinkan Anda memasak cepat dengan lower heat sehingga hemat energi, namun dengan hasil maksimal.

Bahan keramik antilengketnya juga tidak memerlukan banyak margarin atau minyak untuk menggoreng, serta secara mudah dapat dibersihkan dengan kain lembut dan air sabun tanpa menggosok berkali-kali.

“Karena tidak ada bahan kimia berbahaya seperti PFAS dan PFOA yang terlepas saat dipanaskan, maka GreenPan sangat wajib dimiliki oleh ibu hamil dan menyusui, serta masa MPASI. Dan tentunya dengan reputasi sebagai inovator panci berlapis keramik antilengket, kami berharap GreenPan dapat menjadi solusi bagi ibu-ibu yang kerap khawatir akan keamanan peralatan masak,” timpal Renny Hasibuan, Chief Marketing Officer SESA.

GreenPan sudah tersedia di platform e-commerce produk gaya hidup sehat SESA.ID yang merupakan salah satu unit bisnis yang bernaung di bawah bendera SESA.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1596 seconds (0.1#10.140)