Wapres Ma'ruf Amin Ingin ASEAN Bisa Kembali Jadi Magnet Wisatawan Dunia

Jum'at, 03 Februari 2023 - 21:46 WIB
loading...
Wapres Maruf Amin Ingin ASEAN Bisa Kembali Jadi Magnet Wisatawan Dunia
Guna membangkitkan kembali sektor tersebut, terutama di ASEAN, Wakil Presiden Maruf Amin mendorong untuk diperbanyak ajang-ajang berskala internasional. / Foto: Tangkapan layar ATF 2023
A A A
YOGYAKARTA - Sektor pariwisata sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19. Guna membangkitkan kembali sektor tersebut, terutama di ASEAN, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mendorong untuk diperbanyak ajang-ajang berskala internasional.

Dengan digelarnya kegiatan berskala internasional diharapkan nantinya bisa menjadi magnet bagi wisatawan dunia.

"Keberhasilan penyelenggaraan event internasional adalah salah satu bukti kesiapan negara ASEAN untuk kembali menjadi magnet bagi wisatawan dunia, serta menunjukkan bahwa kita mampu terus beradaptasi dan berkompetisi menuju pariwisata yang lebih berkualitas di masa yang akan datang," tutur Wapres Ma'ruf Amin saat memberikan sambutan dalam pembukaan ASEAN Tourism Forum 2023 di Kompleks Candi Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (3/2/2023) malam.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin Berharap ATF 2023 Bisa Bangkitkan Pariwisata di ASEAN

Menurut Wapres Ma'ruf Amin, Indonesia yang saat ini memegang keketuaan ASEAN mengharapkan agar sektor pariwisata bisa mendukung stabilitas perekonomian dunia khususnya di Asia Tenggara.

"Kita menaruh harapan besar sektor pariwisata akan mengukuhkan kawasan ASEAN sebagai kawasan yang stabil, damai, bermartabat, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, serta mampu menjadi penyokong stabilitas perekonomian dunia," jelasnya.

Ma'ruf Amin juga mengajak negara-negara di ASEAN bersama-sama membangun pariwisata yang berkelanjutan dan inklusif melibatkan usaha mikro dan kecil, kaum perempuan, dan generasi muda.

"Inilah saatnya untuk meningkatkan daya saing sektor pariwisata melalui berbagai inovasi dan kreativitas, serta transformasi ke arah digital dan semoga sektor pariwisata semakin produktif, mampu memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi kawasan," papar Wapres Ma'ruf Amin.

Pada akhir sambutannya, Ma'ruf Amin memberikan apresiasi setingi-tingginya kepada Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai tuan rumah ATF 2023.

"Saya berharap pengobar semangat kebangkitan pariwisata di ASEAN. Selain menjadi wadah diskusi Setiap program nyata pengembangan pariwisata yang lebih praktis terarah dan berorientasi masa depan," ujarnya.

Baca juga: Dukung Pelaku Ekraf, Angela Tanoesoedibjo Jajal Jamu Tradisional di TRAVEX 2023

"Akhirnya di pelataran Candi Prambanan yang indah dan megah ini, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim ASEAN Tourism Forum 2023 secara resmi saya nyatakan dibuka," pungkas Ma'ruf Amin.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2296 seconds (0.1#10.140)