Tips Makan Telur Sehat untuk Hindari Kolesterol Tinggi

Kamis, 09 Februari 2023 - 06:31 WIB
loading...
Tips Makan Telur Sehat untuk Hindari Kolesterol Tinggi
Tips makan telur sehat untuk hindari kolesterol ini patut diketahui, karena nantinya dapat menunjang hidup yang lebih sehat. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Tips makan telur sehat untuk hindari kolesterol ini patut diketahui. Apabila dijadikan kebiasaan akan lebih baik lagi demi menunjang hidup yang lebih sehat.

Telur dianggap oleh sebagian orang mampu menaikkan kolesterol . Padahal itu informasi yang keliru. Kolesterol yang ada di dalam telur bermanfaat bagi kesehatan.

Selain menawarkan kolesterol, telur mengandung nutrisi penting lainnya, misal vitamin D, kolin, dan lutein yang baik. Kolin sendiri merupakan nutrisi penting untuk perkembangan otak bayi yang baru lahir dan lutein adalah antioksidan yang penting untuk kesehatan mata.

Baca juga: Apa Penyebab Gagal Ginjal pada Anak? Orang Tua Wajib Tahu

Menjadi pertanyaan sekarang, seperti apa tips makan telur yang aman agar terhindar dari kolesterol tinggi?

"Perlu ditekankan bahwa asupan telur saja tidak akan menaikkan secara signifikan kolesterol," tegas Jess DeGore, ahli nutrisi, dikutip dari Eating Well, Rabu (8/2/2023).

Meski telur tidak menaikkan kolesterol secara signifikan, Anda tetap disarankan untuk tidak makan telur berlebihan. Ingat, sesuatu yang berlebihan tidak akan baik hasilnya.

Dulu ada anjuran agar makan telur per hari tidak boleh lebih dari 300 mg. Tapi, pedoman itu direvisi menjadi penerapan pola makan yang sehat dan membatasi konsumsi kolesterol makanan tanpa mengurangi kecukupan nutrisi dari makanan tersebut.

Artinya, bagi Anda yang kadar kolesterolnya normal, aman memakan satu buah telur utuh setiap hari sebagai bagian dari diet jantung sehat, menurut laporan American Heart Association.

Hal serupa juga disampaikan pakar gizi dr. Rohini Patil bahwa menikmati telur utuh untuk mendapatkan manfaat dari protein dan nutrisi adalah pilihan yang tidak salah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1543 seconds (0.1#10.140)