Tekan Penyebaran Covid-19, ManyOption Buka Layanan Tes Corona

Rabu, 15 Juli 2020 - 15:44 WIB
loading...
Tekan Penyebaran Covid-19, ManyOption Buka Layanan Tes Corona
ManyOption bekerjasama dengan salah satu penyedia layanan kesehatan di Indonesia untuk memberikan layanan deteksi Covid-19. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Di masa pandemi Covid-19 , sejumlah negara seperti Korea Selatan dan Islandia sukses melakukan penekanan jumlah pasien yang terinfeksi virus corona baru tersebut. Salah satu langkah signifikan yang dilakukan di kedua negara tersebut adalah dengan melakukan tes cepat (rapid test) yang masif kepada warganya.

(Baca juga: Ditahan atas Tuduhan KDRT, Mickey Madden Cuti dari Maroon 5 )

Dengan langkah itu, maka penanganan cepat dan tepat dapat diberikan kepada mereka yang terinfeksi maupun mereka yang diduga rentan terinfeksi lantaran pernah berhubungan langsung dengan pasien positif Covid-19 . Karena itu, berangkat dari rasa kepedulian untuk turut melakukan pencegahan peningkatan infeksi Covid-19 di Indonesia, ManyOption, yang merupakan aplikasi smart living untuk penghuni dan pengelola apartemen, memberikan fasilitas kepada penggunanya untuk bisa mendapatkan layanan deteksi Covid-19 .

"ManyOption bekerjasama dengan salah satu penyedia layanan kesehatan di Indonesia untuk memberikan layanan deteksi Covid-19 berupa rapid test, swab test, dan juga suntik vitamin C. Tidak hanya penghuni apartemen yang bisa mengakses layanan rapid test Covid-19 kami, tapi publik juga bisa memesannya melalui aplikasi ManyOption," urai Chief Executive Officer ManyOption, Arif Susilo melalui keterangan tertulisnya, Rabu (15/7).

Arif menambahkan, untuk memesan layanan tersebut sangatlah mudah. Pertama, unduh aplikasi ManyOption melalui Play Store di Android, kemudian pilih fitur Covid-19 Test. Setelahnya, pengguna dapat memilih layanan berupa rapid test, swab test, maupun suntik vitamin C. "Berikutnya pengguna tinggal mengklik 'Informasi dan Pemesanan', dan selanjutnya akan langsung dihubungkan ke WhatsApp layanan pemesanan. Informasi ini juga kami sampaikan lengkap di media sosial kami @manyoption dan situs kami manyoption.co.id," terang Arif.

Sementara, Marketing Communications Manager ManyOption, Riri Anggraheni Eka Rimandasari memaparkan sejumlah perbedaan layanan tes Covid-19 tersebut. "Rapid test adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona . Namun, pembentukan antibodi ini memerlukan waktu, bahkan bisa sampai beberapa minggu. Hal inilah yang bisa menyebabkan keakuratan dari rapid test cukup rendah," tukasnya.

(Baca juga: Jalani Syuting Negotiations, Hyun Bin Terbang ke Yordania )

Untuk pemeriksaan dengan akurasi tinggi maka dapat menggunakan layanan swab test, yang sering juga disebut tes PCR (polymerase chain reaction). Dalam swab test corona, petugas medis akan mengambil sampel apus dari saluran pernapasan, seperti hidung dan tenggorokan. Sampel ini kemudian diperiksa di bawah mikroskop untuk mendeteksi ada tidaknya DNA virus corona.

" Tes PCR menganalisis DNA atau RNA (materi genetik virus) yang terdapat dalam virus. Meski sampel hanya mengandung materi genetik dengan jumlah sedikit, pemeriksaan ini dapat melipatgandakan DNA atau RNA tersebut sehingga akurasinya lebih tinggi," ungkap Riri.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1937 seconds (0.1#10.140)