4 Susu yang Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi dan Risiko Penyakit Jantung

Senin, 13 Februari 2023 - 06:00 WIB
loading...
4 Susu yang Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi dan Risiko Penyakit Jantung
Ada beberapa jenis susu yang ampuh menurunkan kolesterol tinggi dan risiko penyakit jantung. Kolesterol adalah zat lilin yang menyebabkan plak di arteri. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada beberapa jenis susu yang ampuh menurunkan kolesterol tinggi dan risiko penyakit jantung . Kolesterol adalah zat lilin yang menyebabkan plak di arteri, membatasi aliran darah dan oksigen ke jantung.

Kondisi ini berbahaya jika tidak ditangani dengan baik pada waktunya. Berbagai jenis minuman mengandung senyawa yang bisa membantu mengurangi atau menurunkan kadar kolesterol tinggi dan risiko penyakit jantung.

Menurut para ahli kesehatan, susu adalah salah satu minuman yang dianjurkan. Sebab, susu kaya akan nutrisi seperti kalsium, fosfor, vitamin A dan B12, kalium, magnesium, seng, dan yodium.

International Journal of Obesity menyebutkan susu bisa menyeimbangkan tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat, kolesterol total dan trigliserida. Berikut rekomendasi susu yang ampuh menurunkan kolesterol tinggi dan risiko penyakit jantung dilansir dari Times Now News, Senin (13/2/2023).



1. Susu Kedelai

4 Susu yang Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi dan Risiko Penyakit Jantung

Foto/Getty Images

Kedelai rendah lemak jenuh dan menggantinya dengan susu dapat sangat membantu menurunkan kolesterol. Susu kedelai memiliki 80 kalori dan hanya 2 gm lemak per satu cangkir yang disajikan bersama dengan tingkat lemak tak jenuh ganda, mineral, vitamin, dan serat yang tinggi.

Menurut Food and Drug Administration (FDA) mengonsumsi 25 gram protein kedelai per hari adalah cara yang luar biasa untuk memasukkan diet rendah lemak jenuh dan kolesterol. Ini juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung sekitar 30 persen.

Selain itu, susu kedelai sebaiknya dikonsumsi dengan sedikit atau tanpa tambahan gula, garam, dan lemak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1294 seconds (0.1#10.140)