10 Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan, Cegah Bau Mulut hingga Disfungsi Ereksi

Minggu, 12 Februari 2023 - 17:05 WIB
loading...
10 Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan, Cegah Bau Mulut hingga Disfungsi Ereksi
Kapulaga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Rempah-rempah ini dipercaya bisa mengatasi mulai dari bau mulut hingga disfungsi ereksi. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Kapulaga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Rempah-rempah ini dipercaya bisa mengatasi berbagai macam masalah kesehatan mulai dari bau mulut hingga disfungsi ereksi .

Kapulaga baik biji, minyak dan ekstraknya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang telah terbukti. Kapulaga telah digunakan selama berabad-abad baik dalam memasak maupun sebagai obat tradisional.

Kapulaga sendiri memiliki rasa khas yang melengkapi hidangan manis dan gurih. Biasanya kapulaga digunakan untuk memasak kari, makanan penutup, hidangan daging serta minuman seperti kopi dan teh.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kapulaga bisa dikonsumsi sebagai suplemen. Kapulaga juga mengandung fitokimia yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Berikut manfaat kapulaga untuk kesehatan seperti dilansir dari Medical News Today, Minggu (12/2/2023).

Baca Juga: 6 Manfaat Kesehatan Kapulaga Hitam

1. Mencegah Bau Mulut


Kapulaga dapat membantu melawan bakteri di mulut, penyebab umum bau mulut, gigi berlubang, dan penyakit gusi. Sebuah studi menemukan bahwa biji dan buah kapulaga dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya. Selain itu, ekstrak kapulaga efektif dalam mengganggu bakteri yang dapat menyebabkan penyakit atau infeksi gusi.

2. Melawan Kanker

Kapulaga mengandung fitokimia alami yang bisa melawan penyakit kanker. Rempah-rempah ini tidak dapat menggantikan pengobatan kanker, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa kapulaga dapat memiliki sifat melawan kanker.

3. Mengatasi Maag

Seperti jahe, kapulaga dapat membantu mengatasi penyakit pencernaan seperti maag. Beberapa orang menggunakan rempah-rempah ini untuk membuat teh yang menenangkan perut. Para peneliti menemukan bahwa ekstrak kapulaga, dikombinasikan dengan kunyit dan daun sembung, membantu melindungi dari sakit maag pada tikus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2100 seconds (0.1#10.140)