5 Manfaat Buah Manggis untuk Tubuh, Nomor 4 Cocok Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Senin, 13 Februari 2023 - 17:32 WIB
loading...
5 Manfaat Buah Manggis untuk Tubuh, Nomor 4 Cocok Bagi Penderita Kolesterol Tinggi
Manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh penting diketahui, terutama bagi para penderita gangguan kesehatan akibat kolesterol tinggi dan bakteri berbahaya. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh penting diketahui, terutama bagi para penderita gangguan kesehatan akibat kolesterol tinggi dan berbagai penyakit akibat bakteri berbahaya.

Sebagai informasi, buah manggis mengandung zat yang disebut Xanthone yakni senyawa fitokimia yang mengandung zat merah khas dari buah manggis yang memiliki khasiat sebagai antikanker, antibakteri dan anti inflamasi.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, xanthone juga berpotensi untuk memperkuat sistem imun dan menyehatkan serta mendukung kesehatan mental dan keseimbangan mikroba tubuh dan meningkatkan kelenturan sendi.

Selain diketahui manfaatnya yang bagus untuk kulit, manggis juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan bagus untuk sistem pencernaan dikutip dari Healthy Skin, Senin (13/2/2023) berikut adalah 5 manfaat manggis yang baik untuk tubuh.



1. Antioksidan

Penelitian Ilmiah telah mengungkapkan bahwa Manggis mengandung kelas senyawa polifenol alami yang dikenal sebagai xanthones.

Ada dua jenis xanthone dalam buah ini – alpha manggis dan gamma manggis. Xanthones dan turunannya telah terbukti memiliki beberapa manfaat, diantaranya sebagai antiradang.

Xanthones adalah obat yang efektif melawan berbagai penyakit kardiovaskular. Antioksidan ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan sel-sel yang rusak akibat radikal bebas, memperlambat penuaan dan menangkal penyakit degeneratif serta kemunduran fisik dan mental.

2. Kalori Rendah

Buah ini sangat rendah kalori. Dalam satu buah manggis, mengandung 63 kalori per 100 g dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Meskipun demikian, manggis kaya akan serat makanan, yang aman dikonsumsi tanpa khawatir tentang kelebihan berat badan.

3. Vitamin C

Manggis kaya akan vitamin C dan mengandung antioksidan kuat yang larut dalam air, vitamin C memberikan resistensi terhadap agen infeksi seperti flu dan mengais radikal bebas pro-inflamasi yang berbahaya.

Oleh karena itu konsumsi buah yang kaya vitamin C sangat penting untuk memperkuat daya tahan terhadap penyakit. Folat memainkan peran penting dalam perkembangan janin dan evolusi sel-sel baru dalam tubuh.

4. Mengurangi Kolesterol

Kandungan dalam buah manggis sangat membantu dalam mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh manusia. Ini juga membantu mengontrol tingkat trigliserida untuk menjaga kerja jantung manusia yang tepat.

5. TBC

Buah manggis mengandung sifat antibakteri dan antijamur yang kuat, selain sangat efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Sifat yang dimiliki manggis tersebut membantu untuk menghambat bakteri-bakteri berbahaya, hal ini tentu sangat berguna untuk pasien yang menderita tuberkulosis.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)