Ini 4 Prinsip Gizi Seimbang untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Jum'at, 24 Februari 2023 - 20:46 WIB
loading...
Ini 4 Prinsip Gizi Seimbang untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh
Dalam meningkatkan imunitas tubuh, masyarakat disarankan agar menerapkan gaya hidup dengan mengikuti pedoman gizi seimbang. / Foto: ilustrasi/grafis SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dengan penyebaran Covid-19 yang melandai, pemerintah pada akhir tahun lalu mencabut pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Bahkan, pada 15 Februari 2023, Satgas Covid-19 mencatat 102 kasus aktif tambahan.

Padahal di tanggal yang sama tahun lalu, total kasus tambahan menembus 57.049. Penurun ini tentunya tidak lepas juga dari peran vaksinasi dalam membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity.

Kendati demikian, masyarakat tetap diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan, menjaga imunitas dengan rajin berolahraga, dan juga memperhatikan pola makan agar kebutuhan nutrisi terpenuhi.

Baca juga: Apakah Pola Makan Pengaruhi Sistem Imun Tubuh? Ini Penjelasan Ahli

Untuk meningkatkan imunitas, ahli gizi dan pangan, Endang S Sunaryo menyarankan agar masyarakat menerapkan gaya hidup dengan mengikuti pedoman gizi seimbang (PGS).

"Pedoman ini mengatur pola hidup sehari-hari dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh," ungkap Endang S Sunaryo dalam keterangannya, Jumat (24/2/2023).

Dalam mencapai gizi seimbang pada dasarnya bisa mengacu pada empat prinsip, yakni variasi makanan, pentingnya pola hidup bersih, pentingnya pola hidup aktif dan olahraga, serta pemantauan berat badan ideal. Dan berikut prinsip-prinsip pedoman gizi seimbang.

1. Membiasakan Perilaku Hidup Bersih


Pandemi mengajarkan masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup bersih dengan selalu mencuci tangan, menggunakan masker, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas. Penerapan sikap hidup bersih ini membantu melindungi masyarakat dari serangan virus, kuman hingga penularan penyakit.

2. Melakukan Aktivitas Fisik


Penerapan kebijakan PPKM yang mengharuskan untuk berdiam di rumah membuat masyarakat cenderung lebih sedikit bergerak dan tidak bergairah untuk berolahraga.



"Dengan melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap harinya atau minimal 3-5 hari dalam seminggu, dapat membantu untuk mengurangi stres, menjaga kesehatan otot, mengurangi risiko terserang penyakit, hingga menjaga berat badan agar tetap ideal," ujar Endang S Sunaryo.

3. Mengonsumsi Beragam Makanan dan Minum Air Putih


Tidak ada satu pun jenis makanan yang mengandung semua jenis zat gizi yang diperlukan untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Maka perlu mengombinasikan aneka makanan agar kebutuhan nutrisi terpenuhi dan mencukupi seluruh zat gizi yang diperlukan.

Misalnya, ikan laut merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein, peptide, asam amino glutamat. Kaldu dan pekatan ikan kaya akan kandungan glutamat yang berperan sebagai sumber glutamin yang diperlukan tubuh.

Selain itu, mengonsumsi air putih minimal 2 liter/hari dapat membantu mencegah dehidrasi dan menjaga vitalitas tubuh.

Endang S Sunaryo pun menyebutkan jika monosodium glutamat atau MSG sering dipersepsikan tidak sehat oleh sebagian masyarakat. Padahal, MSG ini berperan penting dalam menjaga imunitas tubuh. "Sistem kekebalan tubuh yang terdiri dari rangkaian sel seperti leukosit, makrofag, neutrofil, dan lainnya, membutuhkan glutamat sebagai pendukung koordinasi kinerja sel," terangnya.

Baca juga: 6 Makanan Kaya Vitamin C untuk Tingkatkan Imunitas selama Musim Hujan, Nomor 3 Sering Dipakai Masak

4. Memantau dan Mempertahankan Berat Badan Ideal


Keseimbangan zat gizi yang tepat dalam tubuh dapat terlihat dari pencapaian berat badan yang ideal. Indikator berat badan ideal ditunjukkan dari berat badan yang sesuai dengan tinggi badan. Berat badan ideal harus menjadi bagian dari pola hidup sehat yang diikuti dengan gizi seimbang, sehingga membuat tubuh lebih bugar dan aktif.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1525 seconds (0.1#10.140)