5 Penyakit Silent Killer yang Harus Diwaspadai, Jarang Menunjukkan Gejala

Sabtu, 25 Februari 2023 - 16:05 WIB
loading...
5 Penyakit Silent Killer yang Harus Diwaspadai, Jarang Menunjukkan Gejala
Ada lima penyakit silent killer yang harus diwaspadai. Sesuai dengan namanya, penyakit ini bisa membunuh diam-diam sehingga penting untuk mengetahui gejala. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada lima penyakit silent killer yang harus diwaspadai. Sesuai dengan namanya, penyakit ini bisa membunuh diam-diam sehingga penting untuk mengetahui gejala dan penyebabnya untuk pencegahan.

Penyakit silent killer ini hanya bisa diketahui melalui identifikasi dini gejala atau pemeriksaan kesehatan secara teratur. Namun, salah satu di antaranya ada yang tidak menunjukkan gejala.

Ini artinya, penyakit silent killer tersebut biasanya baru akan diketahui saat terlambat. Berikut daftar penyakit silent killer yang harus diwaspadai seperti dilansir dari Times of India, Sabtu (25/2/2023).



1. Tekanan Darah Tinggi


Tekanan darah tinggi, juga disebut hipertensi, dianggap sebagai salah satu penyakit silent killer yang membunuh secara diam-diam. Itu terjadi ketika kekuatan darah terhadap dinding pembuluh darah secara konsisten terlalu tinggi, menyebabkan banyak kerusakan.

Jika tidak dikendalikan atau dikelola, tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit terkait jantung termasuk serangan jantung dan stroke. Kebanyakan orang dengan hipertensi tidak menunjukkan gejala kecuali tekanannya sangat tinggi.

2. Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi juga merupakan penyakit silent killer karena tidak menunjukkan gejala apapun sampai kadarnya tinggi yang membahayakan. Kolesterol tinggi terjadi ketika ada penumpukan zat lemak yang berlebihan yang juga disebut kolesterol jahat dalam darah.

Kondisi ini disebabkan oleh lemak yang tidak sehat, makanan olahan, kebiasaan buruk seperti konsumsi alkohol dan merokok serta kurang olahraga.



3. Diabetes
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3206 seconds (0.1#10.140)