Ini Cara untuk Cegah Kanker Payudara Tidak Kembali Kambuh

Minggu, 26 Februari 2023 - 10:46 WIB
loading...
A A A
Adapun cara untuk mendeteksi dini kanker payudara adalah dengan melakukan skrining. Yakni pemeriksaan tidak bergejala pada individu untuk mendeteksi mereka yang memiliki kemungkinan tinggi mempunyai atau berkembangnya suatu penyakit.

Jika Anda berusia lebih dari 25 tahun, pemeriksaan bisa dilakukan secara individu setiap bulan. Sementara untuk usia 40-49 tahun ke atas juga bisa diperiksa sendiri dan melakukan mammogram tahunan lebih kurang dengan cara USG. Sedangkan ketika berusia 50 tahun ke atas dengan cara memeriksa payudara sendiri setiap bulan serta melakukan satu sampai dua kali mammogram tahunan lebih kurang dengan USG.

Beragam ciri bisa menjadi awal Anda terkena kanker payudara. Beberapa di antaranya adalah benjolan yang tidak nyeri di payudara, gatal terus-menerus dan ruam di sekitar puting, pendarahan atau keputihan yang tidak biasa dari puting, kulit di atas payudara bengkak dan menebal, serta kulit di atas payudara berlesung pipit atau berkerut.

Dokter See Hui Ti menambahkan, jika seseorang telah terkena kanker payudara, beragam pengobatan bisa dilakukan. Misalnya dengan melakukan kemoterapi, lalu diikuti letrozole atau bisa juga melalui kemoterapi diikuti dengan tamoxifen.

Pengobatan intensif yang dilakukan dengan baik dan tepat mampu menghancurkan semua sel kanker dan pasien dapat dinyatakan sembuh. Kendati begitu, tak sedikit juga terjadi kasus di mana kanker kembali kambuh.



Satu di antara penyebab kanker bisa kembali kambuh adalah karena pengobatan awal tidak sepenuhnya menghilangkan atau menghancurkan semua sel kanker. Ini bisa terjadi ketika sel kanker terlalu kecil untuk terlihat atau jika mikrometastasis terjadi.

Mikrometastasis terjadi ketika beberapa sel kanker terlalu sedikit untuk diambil pada pemindaian, hingga mengakibatkan bisa menyebar ke lokasi baru. Sebagian besar waktu, jika Anda didiagnosis menderita kanker untuk kedua kali, itu adalah kekambuhan daripada kanker kedua. Kanker kedua jarang terjadi tetapi bisa terjadi.

Karena kanker memang kambuh, dokter sering kali enggan mengatakan kanker telah sembuh. Namun, secara umum, semakin lama mantan pasien bebas dari kanker, semakin besar kemungkinan dia dianggap sembuh.

Pilihan pengobatan yang dilakukan tergantung pada jenis kanker yang Anda miliki. Pilihannya biasanya sama dengan saat Anda pertama kali didiagnosis menderita kanker, seperti menjalani kemoterapi, radioterapi, terapi target, dan imunoterapi.

Untuk kanker stadium lanjut di mana penyembuhan tidak mungkin dilakukan, tujuan pengobatan hanya untuk meringankan gejala, memastikan kualitas hidup yang tinggi, dan memperpanjang peluang hidup.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2175 seconds (0.1#10.140)