Ini Enam Langkah Mudah Cegah Risiko Kanker Payudara

Jum'at, 22 Januari 2021 - 13:03 WIB
loading...
Ini Enam Langkah Mudah Cegah Risiko Kanker Payudara
Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita seperti gaya hidup, lingkungan, dan genetik tertentu. / Foto: Ilustrasi/Health Imaging
A A A
JAKARTA - Menurut data dan beberapa penelitian, kanker payudara merupakan kanker paling umum terjadi pada wanita di dunia. Kanker ini terjadi ketika ada pertumbuhan abnormal sel-sel kanker payudara yang membelah lebih cepat di payudara sehingga menumpuk untuk membentuk benjolan.

Baca juga: Sederet Manfaat Kesehatan Konsumsi Susu Almond

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita seperti gaya hidup, lingkungan, dan genetik tertentu. Seperti kita ketahui, faktor genetik merupakan faktor yang tidak dapat diubah, namun faktor lainnya seperti gaya hidup dapat kita ubah untuk mencegah risiko kanker payudara .

Sebagaimana dilansir Boldsky, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko kanker payudara .

1. Konsumsi makanan nabati

Makan buah dan sayuran berwarna cerah yang mengandung flavonoid diyakini dapat membantu menurunkan risiko kanker, karena kandungan flavonoid dalam buah dan sayur dapat mengatur pembelahan sel dan menghentikan pertumbuhan sel kanker payudara.

2. Menyusui

Seorang ibu, ada kemungkinan lebih rendah terkena kanker payudara jika menyusui lebih dari setahun. ASI mengandung alfa-laktalbumin dan asam oleat yang dapat membatasi kemampuan sel tumor payudara untuk bertindak secara tidak normal.

3. Tetap aktif secara fisik

Olahraga berperan penting dalam terapi kanker payudara. Menurut penelitian, aktivitas fisik dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara hingga 25-30 persen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1034 seconds (0.1#10.140)