4 Buah Penurun Gula Darah, Penderita Diabetes Wajib Tahu!

Rabu, 01 Maret 2023 - 09:09 WIB
loading...
4 Buah Penurun Gula Darah, Penderita Diabetes Wajib Tahu!
Buah penurun gula darah ini penting diketahui bagi penderita diabetes. Buah-buahan tersebut aman dikonsumsi dan bisa menjadi pilihan asupan sehat sehari-hari. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Buah penurun gula darah ini penting diketahui bagi penderita diabetes. Buah-buahan tersebut aman dikonsumsi dan bisa menjadi pilihan asupan sehat sehari-hari.

Bagi penderita diabetes, mengontrol kadar gula darah adalah hal lumrah. Makanan yang tepat akan membuat kondisi kesehatan terjaga, salah satunya konsumsi pangan rendah gula.

Nah, buah-buahan di bawah ini dipercaya dapat menurunkan gula darah yang artinya kadar gula terjaga dengan baik. Dengan mengonsumsi beberapa buah ini, diharapkan penderita diabetes dapat menjalani hidup lebih sehat.



Dilansir dari Healthline, Rabu (1/3/2023), berikut daftar buah-buahan yang dapat menurunkan gula darah sehingga penderita diabetes bisa mengonsumsinya dengan aman.

1. Berry

Sejumlah penelitian telah mengaitkan asupan berry dengan kontrol gula darah yang lebih baik. Buah berry kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Kandungan baik dalam buah berry dipercaya baik untuk orang dengan diabetes.

Satu studi pada 2019 menemukan bahwa makan 250 gram raspberry merah dengan makanan tinggi karbohidrat, secara signifikan mengurangi insulin setelah makan dan gula darah pada orang dewasa dengan prediabetes, dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Selain raspberry, penelitian juga menemukan bahwa stroberi, blueberry, dan blackberry punya manfaat yang baik dalam mengelola gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin serta meningkatkan pembersihkan glukosa dalam darah.

2. Alpukat

Buah satu ini menawarkan begitu banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Selain kandungan lemak baik, alpukat terbukti mampu menurunkan kadar gula darah dan melindungi seseorang dari perkembangan sindrom metabolik yang merupakan sekelompok kondisi, termasuk tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi.


3. Jeruk

Buah citrus seperti jeruk dan grapefruit terbukti dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Jeruk itu buah dengan glikemik rendah, yang artinya tidak memengaruhi gula darah.

Buah jeruk dan grapefruit kaya akan serat serta mengandung senyawa naringenin, polifenol yang memiliki sifat antidiabetes yang kuat. Mengonsumsi jeruk utuh dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi HbA1c, dan melindungi tubuh dari perkembangan diabetes.

4. Apel

Apel mengandung serat larut, quercetin, asam klorogenat, dan asam galat yang semuanya itu dapat membantu mengurangi gula darah dan melindungi Anda dari diabetes.

Satu studi dengan data lebih dari 187 ribu orang membuktikan bahwa mengonsumsi apel, blueberry, dan anggur dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

Penelitian lain menunjukkan bahwa makan apel 30 menit sebelum 'makan berat' secara signifikan mengurangi gula darah setelah makan nasi, dibandingkan tidak makan apel sebelumnya.

Itu dia empat buah penurun gula darah yang sangat cocok dikonsumsi penderita diabetes. Konsultasi kembali pada dokter pribadi Anda untuk menentukan menu diet yang lebih ideal untuk kondisi Anda.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6370 seconds (0.1#10.140)