Pelaku Wisata di Labuan Bajo Termotivasi Kembangkan Desa Wisata

Minggu, 05 Maret 2023 - 16:09 WIB
loading...
A A A
Sebelumnya, Menperakraf/Kabarekraf, Sandiaga Uno menekankan bahwa BTF menjadi peluang kolaborasi desa wisata dengan stakeholder. Ini merupakan salah kata kunci dalam mendorong kembali bangkitnya pariwisata pascapandemi, terutama yang terkait peningkatan kapasitas pelaku pariwisata.

Menparekraf Sandiaga juga memaparkan bahwa pihaknya mengedepankan kolaborasi sebagai salah satu konsep utama mengembangkan potensi desa wisata.

"Dengan mengedepankan konsep inovasi, adaptasi, dan kolaborasi diharapkan akan mendukung dan menggali potensi desa wisata yang dapat dikembangkan dan diberdayakan, serta mendorong lebih banyak terbukanya lapangan kerja melalui sektor pariwisata," tuturnya.

Sementara itu, BTF sendiri digelar di 6 Destinasi Prioritas Pariwisata (DPP) meliputi Danau Toba, Borobudur Yogyakarta Prambanan, Bromo Tengger Semeru, Lombok, Labuan Bajo dan Wakatobi. BTF 2023 secara khusus menjadi forum penguatan komitmen rencana pengembangan desa wisata menjadi hasil yang diharapkan dari pelaksanaan Program Kampanye Sadar WIsata 5.0, yang telah bergulir sejak 2022 hingga akhir 2023.

"Mari kita saling berkolaborasi untuk membangkitkan pariwisata yang merupakan karya dari para pelaku pariwisata dengan semangat Geber (Gerak Bersama), Gercep (Gerak Cepat) dan Gaspol (Gali semua potensi lapangan kerja)," ujar Sekretaris Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Bapekraf, Adella Raung saat membuka BTF.

Di tengah penandatanganan komitmen bersama di Kabupaten Manggarai Barat, Direktur Pengembangan SDM Pariwisata Kemenparekraf, Florida Pardosi mengatakan bahwa forum ini bertujuan mempertemukan desa wisata dengan berbagai institusi, kelembagaan dan perusahaan serta kolaborasi apa yang bisa dikembangkan.

Baca juga: Berpotensi Gerakan Roda Ekonomi, Pemerintah Akan Permudah Izin Penyelenggaraan Event Besar

"Kami meminta kepada para local champion untuk memiliki bekal yang cukup dari kegiatan pelatihan yang telah diberikan dalam rangkaian Program Kampanye Sadar Wisata, yang selama ini sudah berjalan, serta berkomitmen untuk melaksanakan program ini secara berkelanjutan," pungkasnya.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2898 seconds (0.1#10.140)