Berperan Penting dalam Cegah Obesitas, Ini Saran Dokter Anak untuk Pihak Sekolah

Senin, 06 Maret 2023 - 15:46 WIB
loading...
Berperan Penting dalam Cegah Obesitas, Ini Saran Dokter Anak untuk Pihak Sekolah
Pihak sekolah diharapkan bisa selektif dalam menentukan menu makanan yang tersaji di kantin maupun jajanan yang ada di luar sekolah. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Seorang anak banyak menghabiskan waktunya di sekolah. Di sini, pihak sekolah memiliki peran penting untuk menghindarkan anak-anak dari obesitas .

Pihak sekolah diharapkan bisa selektif dalam menentukan menu makanan yang tersaji di kantin maupun jajanan yang ada di luar sekolah.

"Jajanan di sekolah banyak yang tidak sehat, dan ini dapat menjadi pemicu penyakit obesitas pada anak," ungkap dokter spesialis anak, dr. Winra Pratita, Sp.A(K), saat acara konferensi pers Hari Obesitas Sedunia 2023 yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan secara daring, Senin (6/3/2023).

Baca juga: Puasa Senin Kamis Terbukti Dapat Menurunkan 6 Persen Bobot Tubuh dalam Setahun

Dokter Winra menambahkan jika masih belum banyak pihak sekolah yang peduli terhadap hal tersebut. Dia mengimbau kepada pihak sekolah untuk memastikan bahwa jajanan di kantin sekolah itu setidaknya lebih sehat.

Makanan yang dijual di kantin dipastikan tidak mengandung banyak minyak, tinggi gula dan garam, serta sebaiknya pangan yang lebih sehat. Jajanan di luar sekolah juga patut diawasi.

"Kalau ada kebijakan tertentu terkait dengan pengaturan makanan yang bisa dijual di kantin atau dekat sekolah, ini akan mencegah anak makan makanan yang tidak sehat dan pada akhirnya mencegah mereka alami obesitas," paparnya.

Selain itu, dr. Winra juga meminta pihak sekolah untuk memperbanyak aktivitas fisik siswa di sekolah. Jangan siswa datang ke sekolah lebih banyak duduknya.

Baca juga: Ini 5 Efek Samping Makan Kentang Goreng Terlalu Banyak

"Aktivitas fisik terbukti dapat mencegah peningkatan berat badan yang berujung pada overweight dan obesitas. Jadi, sekolah juga mesti mastiin anak-anak murid banyak bergerak," tutupnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2301 seconds (0.1#10.140)