Di Masa Pandemi, Yuk Jaga Kebugaran dengan Gizi Seimbang dan Olahraga

Jum'at, 17 Juli 2020 - 11:44 WIB
loading...
A A A
Berbagai penelitian membuktikan aktivitas olahraga ini mampu memacu produksi hormon endorphin dan juga mendongkrak imunitas tubuh. “Namun, kebiasaan berolahraga yang dilakukan dengan salah, ternyata malah bisa membuat Anda berisiko terpapar Covid-19, flu, sakit perut hingga infeksi kulit,” ujar Gleeson seperti dilansir Sydney Morning Herald. (Lihat videonya: Heboh! Pedagang Angkringan di Sragen Bikin Pembeli Gagal Fokus)

Gleeson menuturkan, pada masa pandemi ini sebaiknya jangan saling pinjam peralatan olahraga. Jangan pinjam sepeda, dan juga mencuci baju olahraga. Kebiasaan sederhana seperti tidak mencuci stang sepeda, berlebihan makan karbo, menyeka keringat dengan tangan saat sedang jogging, atau minum dari botol air minum yang kotor, bisa memicu gangguan kesehatan.

Gleeson menjelaskan olahraga bisa melancarkan sirkulasi darah sehingga jutaan sel darah putih (sel imunitas tubuh) akan masuk ke dalam aliran darah, dan memperkuat kemampuan tubuh mendeteksi mikroorganisme berbahaya. Beberapa studi membuktikan bahwa olahraga rutin akan menurunkan persentase risiko infeksi pada saluran pernapasan atas dari 30 hingga 50 persen.

“Olahraga dapat menjaga berat badan Anda tetap ideal bahkan langsing. Berat badan yang ideal memegang peranan penting dalam menjaga imunitas Anda,” ujar Gleeson. (Dwi Nur Ratnaningsih)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0933 seconds (0.1#10.140)