Organisasi Non Profit untuk Project Management

Minggu, 06 September 2015 - 09:18 WIB
Organisasi Non Profit untuk Project Management
Organisasi Non Profit untuk Project Management
A A A
Project Management Institute (PMI) Chapter Indonesia terus menularkan virus berbagi pengetahuan dan keahlian tentang project management dari berbagai industri yang telah dilakukakan sejak tahun 1996.

PMI merupakan organisasi non profit untuk profesi project management yang membuat standar, penelitian, edukasi, publikasi, dan training tentang project management. PMI juga merupakan bagian dari organisasi global yang telah tersebar ke seluruh dunia, salah satunya Indonesia, yang saat ini memilki member sebanyak 400.000 anggota dari berbagai negara.

“Sebelumnya kami sempat vakum dan baru aktif kembali saat kami mengadakan acara Symposium & Exhibition (SymEx) di Bali pada tahun 2011. Saat itu, antusiasme masyarakat sangat luar biasa. Jadi kami pun kembali semangat mengaktifkan PMI Chapter Indonesia” jelas Arisman Indrawan selaku President of PMI Indonesian Chapter mengawali perbincangan dengan tim Koran SINDO.

Alin Veronika selaku General Secretary of PMI Indonesian Chapter menambahkan PMI merupakan project management yang fokus terhadap sertifikasi, dimana kegiatannya terkait dengan pendidikan. “Maka dari itu, kami kerap kali bekerjasama dengan universitas dan perusahaan” papar Alin.

Beberapa kegiatan PMI yang rutin diadakan setiap tahun, diantaranya PM Goes to Campus, PMI Roadshow, PMP Exam prep, PMP Study Group, Monthly Seminar, Annual Symposium. Selain itu, PMI juga mempunya beberapa program menarik lainnya, seperti Project Management Competition, PMP Exam prep dan PMP Study Group, dan International Symphosium dan Exhibition (SymEx).

Beberapa kegiatan dan program diatas merupakan kegiatan yang ditangani oleh volunteer dari PMI Chapter Indonesia. Saat ini terdaftar 50 volunteer yang mengurusi 600 member aktif yang juga terdaftar di PMI Chapter Indonesia. Hampir semua kegiatan PMI mengundang pembicara dari pemimpin sebuah perusahaan baik dari dalam maupun luar negeri.

Contohnya, acara Symex 2012 yang diadakan di Hotel Hyatt Regency Yogyakarta mengundang pembicara, seperti Amien Leiman, PMP, CISA., Past President, PMI Honolulu, Hawai Chapter tampil dengan materi bertajuk “Taking Off: The Art of Globalizing Yourself”. Selanjutnya, keynote speaker kedua PMI Board Directors, William A. Moylan, Ph.D., PMP., dengan materi berjudul “The Value of Project Management for Society, Organizations and the Practitioner”.

Terakhir, keynote speaker ketiga yaitu So Hyun Kang, PMI Manager, Chapter Development Asia Pacific menyampaikan bahasan tentang PMI’s Products & Services. Acara yang diikuti oleh kurang lebih 100 orang peserta, simposium ini akan membahas tumbuhnya Project Management di Indonesia sebagai salah satu pasar potensial terbesar, terutama di bidang industri. Untuk menjadi member perlu mendaftar Pendaftaran Individual. Caranya buka website , lalu klik bar membership “join” tab dan ikuti instruksi yang ada.

Balqis
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5727 seconds (0.1#10.140)