Jaga Kesehatan Ginjal, Aktivitas Tak Terganjal

Jum'at, 10 Maret 2023 - 06:00 WIB
loading...
Jaga Kesehatan Ginjal, Aktivitas Tak Terganjal
Ginjal sehat bikin aktivitasmu tak terhambat (Foto: dok. Prodia)
A A A
JAKARTA - Meski ukurannya hanya kira-kira sebesar kepalan tangan, sepasang ginjal manusia memiliki banyak fungsi penting bagi kesehatan tubuh. Tetapi, seiring bertambahnya usia dan penurunan kualitas kesehatan, fungsi ginjal juga dapat melemah.

Bila ginjal sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya, berbagai risiko masalah kesehatan mudah untuk terjadi. Diperlukan kesadaran untuk menjaga kesehatan ginjal sedini mungkin untuk menghindari berbagai risiko yang disebabkan gangguan fungsi ginjal.

Salah satu fungsi terpenting ginjal adalah menyaring limbah tubuh, kelebihan air, dan kotoran lain dalam darah untuk kemudian dikeluarkan melalui urin.

Selain itu, ginjal juga menghasilkan hormon untuk mengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah. Oleh karenanya, bila ginjal tidak berfungsi dengan baik, akan terjadi penumpukan cairan limbah di dalam tubuh.

Sayangnya, kebanyakan orang sering kali tidak menyadari perubahan kinerja yang terjadi pada ginjal mereka. Hal ini bisa jadi disebabkan karena gangguan pada ginjal tidak langsung menunjukkan gejala yang langsung terlihat.

Kebanyakan kasus yang terjadi, kerusakan ginjal memengaruhi kinerja organ tersebut dengan ringan tapi terjadi terus menerus selama bertahun-tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan pada beberapa kasus kerusakan ginjal memburuk dengan cepat dan menyebabkan penurunan kesehatan yang signifikan.

Cepat atau lambat kerusakannya, tetap saja gangguan pada ginjal dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang serius dan mengganggu aktivitas harian. Apalagi, gangguan ginjal ini bukan hanya berisiko terjadi pada orang dewasa saja, tetapi juga pada anak-anak dan remaja. Itulah sebabnya, pemeliharaan kesehatan ginjal sedini mungkin sangat penting dilakukan.

Pemilihan makanan yang kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat diterapkan. Selain itu, asupan air putih yang cukup untuk terhindar dari dehidrasi juga baik untuk kesehatan ginjal.

Langkah pencegahan tentunya merupakan cara terbaik untuk menekan risiko gangguan fungsi ginjal dengan melakukan pemeriksaan kesehatan yang juga berguna untuk menentukan langkah pengobatan yang tepat apabila gejala sudah terlanjur terjadi.

Pemeriksaan kesehatan tersebut dapat dilakukan di Prodia yang saat ini menyediakan harga khusus untuk pemeriksaan ProHealthy Kidney 1, 2, 3. Selain itu, pelanggan juga dapat memanfaatkan keringanan harga 20 persen untuk konsultasi dan telekonsultasi dengan dokter selama bulan Maret 2023.

Jika pelanggan ingin melakukan pengambilan sampel di rumah, Prodia menyediakan fitur layanan Home Service melalui Prodia Mobile atau Kontak Prodia melalui layanan WhatsApp 0855 1500 830 atau call center 1500 830 (syarat dan ketentuan berlaku).

Selain itu, jika pelanggan masih ragu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, pelanggan dapat berkonsultasi melalui fitur Chat dengan Dokter gratis melalui aplikasi Prodia Mobile.

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.prodia.co.id atau sosial media @prodia_lab. Jaga kesehatan ginjal sedini mungkin, hindari risiko fatal yang mungkin terjadi di kemudian hari.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0905 seconds (0.1#10.140)