Mengenal Filosofi Tumpeng, Sajian Simbol Perayaan Keagamaan hingga Upacara Adat

Jum'at, 10 Maret 2023 - 16:33 WIB
loading...
Mengenal Filosofi Tumpeng, Sajian Simbol Perayaan Keagamaan hingga Upacara Adat
Filosofi tumpeng menarik untuk diulas. Sebab, sajian makanan ini kerap dikaitkan dengan simbol perayaan keagamaan, ulang tahun hingga upacara adat. Foto/Instagram @milokitchen
A A A
JAKARTA - Filosofi tumpeng menarik untuk diulas. Sebab, sajian makanan ini kerap dikaitkan dengan simbol perayaan keagamaan, ulang tahun hingga upacara adat.

Sebagai informasi, tumpeng merupakan nasi berbentuk kerucut yang lekat dengan budaya Jawa. Sajian tumpeng tidak hanya bisa dijumpai di Jawa saja tetapi juga ditemukan di daerah Indonesia.

Biasanya tumpeng disajikan dengan lauk yang beragam dan dapat ditemui pada acara penting hingga upacara adat. Pada awalnya, tumpeng merupakan salah satu kelengkapan sesaji oleh masyarakat Jawa. Tumpeng tidak hanya sekadar makanan namun mewujudkan beragam simbol. Bentuk tumpeng maupun bahannya mempunyai simbol tersendiri.

Tumpeng mempunyai bentuk representasi hubungan antara Tuhan dengan manusia, serta manusia dengan sesamanya. Tumpeng juga menjadi representasi dari puncak gunung atau konsep Ketuhanan. Konsep tersebut menjadi landasan dari bentuk tumpeng yang menjulang tinggi dan mengerucut.



Mengutip dari artikel bertajuk Tumpeng dan Gunungan: Makna Simbolis Dalam Kebudayaan Masyarakat Jawa oleh Sutiyono, FPBS IKIP Yogyakarta, bentuk kerucut dari nasi tumpeng mirip dengan gunungan yang merupakan gambaran awal hingga akhir. Atau, simbol kehidupan manusia dengan alam sekitarnya yang berawal dari Tuhan kemudian akan berakhir di Tuhan.

Lauk yang disajikan dalam tumpeng juga mempunyai arti. Biasanya lauk yang dihidangkan bersama tumpeng ini terdiri dari tujuh macam lauk. Pada bahasa Jawa, tujuh merupakan pitu, akronim dari pitulungan atau pertolongan.

Warna pada tumpeng juga mempunyai simbol arti. Tumpeng biasanya mempunyai warna kuning dan putih. Warna kuning menjadi simbol kemuliaan yang megah. Sementara tumpeng yang berwarna putih adalah simbol kesucian.

Upacara pemotongan tumpeng melambang rasa syukur kepada Tuhan. Selain itu, juga sebagai ungkapan kebersamaan dan kerukunan. Tumpeng berfungsi sebagai simbol permohonan atas perlindungan, keselamatan, hingga ridha Tuhan untuk setiap hajat dalam hidup.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1411 seconds (0.1#10.140)