Khasiat Vitamin C Sama Dengan Olahraga

Senin, 14 September 2015 - 09:30 WIB
Khasiat Vitamin C Sama Dengan Olahraga
Khasiat Vitamin C Sama Dengan Olahraga
A A A
ASUPAN harian vitamin C ternyata memiliki khasiat yang sama efektifnya dengan berjalan kaki untuk menjaga kesehatan jantung, khususnya bagi penderita obesitas.

Itulah studi yang baru-baru ini dipublikasikan. Orang dewasa penderita obesitas dan berat badan berlebih, disarankan melakukan olahraga rutin untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung mereka. Namun, sekitar 50% di antaranya mengaku tidak dapat memenuhi anjuran tersebut. Peneliti kemudian menyarankan untuk mengonsumsi vitamin C setiap hari. Anjuran ini, menurut penelitian, memiliki manfaat serupa melakukan olahraga rutin bagi kesehatan jantung.

Diketahui pembuluh darah orang yang menderita berat badan berlebih ataupun obesitas, menunjukkan aktivitas meningkatnya pembuluh darah kecil yang menarik protein, bernama endothelin (ET)-1. Pembuluh darah dengan aktivitas ET-1 yang tinggi ini semakin berisiko tersumbat. Jadi, pembuluh darah yang sempit ini semakin kurang responsif untuk memenuhi laju aliran darah.

Kondisi ini meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit vaskular atau gangguan pembuluh darah. Penelitian sebelumnya, menemukan bahwa olahraga membantu mengurangi aktivitas ET-1. Tapi kenyataannya, banyak orang obesitas dan berat badan berlebih, menggunakan alasan tidak ada waktu untuk olahraga.

Dalam penelitian ini, peneliti dari Universitas Colorado menguji apakah suplemen vitamin C –yang sudah dibuktikan dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah pada penelitian terdahulu– juga dapat menekan aktivitas ET-1. Temuan mereka akan dipresentasikan pada The 14th International Conference on Endothelin: Physiology, Pathophysiology and Therapeutics, suggest the supplement can have similar benefits to a person’s heart health as exercise.

Mereka menganalisis 35 orang yang memiliki berat badan berlebih dan obesitas selama tiga bulan. Sebanyak 20 di antara partisipan meminum suplemen harian, sementara sisanya 15 orang menjalani latihan aerobik. Peneliti mengukur aliran darah di lengan mereka, juga respon terhadap infusi intra-arterial ET-1 setiap sebelum dan sesudah intervensi. Peneliti kemudian menemukan dosis harian vitamin C, yakni 500 mg sehari, terbukti mengurangi aktivitas ET-1 yang berhubungan dengan pembuluh darah yang tersumbat.

Sama baiknya dengan aktivitas berjalan kaki. Tim peneliti kemudian menyimpulkan, konsumsi suplemen vitamin C mewakili gaya hidup yang efektif untuk menurunkan ET-1 bagi mereka yang obesitas dan berat badan berlebih. Layanan Kesehatan Nasional (NHS) merekomendasikan orang dewasa memerlukan 40 mg vitamin C setiap hari. Vitamin C juga bisa didapat dari makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Ada sekira 45 mg vitamin C dalam buah jeruk. Meski begitu, mengonsumsi berlebihan nutrien ini, yakni lebih dari 1.000 mg per hari, dapat menyebabkan keluhan pada perut, diare, dan kembung. Namun, mengonsumsi kurang dari 1.000 mg vitamin C per hari tidak masalah bagi kesehatan.

Lembaga Departemen Kesehatan Amerika (National Institutes of Health) menganjurkan pria untuk mengonsumsi 90 mg vitamin C setiap hari, sedangkan wanita 75 mg/hari.

Sri noviarni
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7674 seconds (0.1#10.140)