Pelesiran ke Blitar, Rugi jika Tidak Mengunjungi 5 Pantai yang Indah Ini

Minggu, 12 Maret 2023 - 06:30 WIB
loading...
Pelesiran ke Blitar, Rugi jika Tidak Mengunjungi 5 Pantai yang Indah Ini
Blitar memiliki tempat wisata pantai yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews/Yuswantoro
A A A
JAKARTA - Blitar ternyata memiliki deretan wisata menarik. Apabila berkunjung ke Blitar, Anda bisa menemui banyak tempat wisata, mulai dari wisata alam, sejarah, hingga yang kekinian.

Salah satu yang tidak boleh terlewat adalah mengunjungi pantai di Blitar. Pasalnya, pantainya memiliki pesona tersendiri dan luar biasa.

Untuk diketahui juga, Blitar merupakan kota peristirahatan terakhir Presiden pertama RI, Ir. Soekarno. Makam sang proklamator kemerdekaan ini berada di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, sekitar 2 kilometer sebelah utara pusat kota.

Baca juga: Di Mana Dapat Menemukan Bunga Edelweis di Indonesia? Ini Lokasinya

Setidaknya terdapat 5 pantai yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Blitar. Dan berikut rekomendasi 5 pantai pantai tersebut.

1. Pantai Gondo Mayit

Pelesiran ke Blitar, Rugi jika Tidak Mengunjungi 5 Pantai yang Indah Ini
(Foto: Instagram @djecko_1979)

Mendengar namanya mungkin akan mengerikan. Seolah-olah Pantai Gondo Mayit ini menjadi tempatnya para mayit atau jenazah. Tapi jangan salah, meskipun namanya cukup seram, namun pantai ini tidak semenyeramkan itu.

Berlokasi di Krajan, Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kota Blitar, pemandangan di Pantai Gondo Mayit ini cukup indah, dan Anda bisa melakukan berbagai hal di sini. Misalnya berkemah di pinggir pantai, sambil membakar ikan atau jagung. Selain itu Anda juga dapat sekadar bermain-main di sekitar pantai ini.

2. Pantai Jolosutro

Pelesiran ke Blitar, Rugi jika Tidak Mengunjungi 5 Pantai yang Indah Ini
(Foto: Instagram @yrzk_)

Kemudian ada Pantai Jolosutro yang memperlengkap destinasi wisata alam di Blitar. Lokasi pantai ini berada di Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates.

Menariknya, pasir di Pantai Jolosutro ini cukup berbeda dengan pantai pada umumnya. Hal ini karena pasir di sini memiliki karakteristik warna hitam serta mengandung butiran biji besi yang ada di dalamnya.

Selain itu, ombak di Pantai Jolosutro ini relatif tinggi. Cocok bagi Anda yang hobi surfing dan mencoba menantang adrenalin di sini.

3. Pantai Serang

Pelesiran ke Blitar, Rugi jika Tidak Mengunjungi 5 Pantai yang Indah Ini
(Foto: dok. SINDOnews/Yuswantoro)

Blitar memiliki garis pantai yang cukup panjang. Salah satu pantai yang dapat Anda kunjungi adalah Pantai Serang yang berlokasi di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar.

Pantai Seran memiliki pasir putih halus sejauh mata memandang. Selain itu pemandangan lainnya adalah laut yang bersih, pantulan langit yang membuat air laut tampak biru, serta beberapa tebing yang membuat tempat ini terlihat memesona.

Untuk masuk ke destinasi wisata satu ini Anda cukup membayar tiket seharga Rp7.000/orang.

4. Pantai Pangi

Pelesiran ke Blitar, Rugi jika Tidak Mengunjungi 5 Pantai yang Indah Ini
(Foto: Instagram @ilhamsaroni)

Selanjutnya adalah Pantai Pangi. Pantai ini terletak di Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar.

Pantai Pangi memiliki karakteristik yang masih alami dan asri. Ditambah dengan deburan ombak besar yang khas dari pantai selatan satu ini.

Hamparan pasir putih dan deretan cemara udang pun terbentang indah di sepanjang bibir pantai. Menariknya lagi, pantai ini memiliki muara sungai yang membentuk telaga payau. Untuk masuk ke Pantai Pangi ini Anda dikenakan tiket senilai Rp5.000/orang.

5. Pantai Peh Pulo

Pelesiran ke Blitar, Rugi jika Tidak Mengunjungi 5 Pantai yang Indah Ini
(Foto: ihategreenjello.com)

Hingga saat ini Pantai Peh Pulo menjadi destinasi wisata alam yang masih cukup tersembunyi, dan para wisatawan belum banyak yang mengetahuinya.

Ini karena medan atau perjalanan menuju Pantai Peh Pulo ini cukup sulit. Jika berhasil menuju ke pantai ini, sesampainya di sana Akan melihat pemandangan yang masih asri dan tentunya alami.

Baca juga: Edelweis Rawa Rusak akibat Event Motor Trail, Kawasan Wisata Ranca Upas Ditutup Sementara

Lokasinya berada di Peh Pulo, Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo, Blitar. Beberapa hal yang perlu dicatat dan diperhatikan, sebaiknya ketika Anda bertujuan akan menuju tempat ini ada baik untuk memeprsiapkan segala perlengkapan.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)