5 Obat Alami untuk Mengatasi Tenggorokan Gatal, Nomor 4 Punya Segudang Manfaat

Minggu, 12 Maret 2023 - 17:56 WIB
loading...
A A A
3. Teh kamomil
Teh chamomile yang menenangkan secara alami, telah lama digunakan untuk tujuan pengobatan. Termasuk mengobati sakit tenggorokan. Sebab teh ini memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan astringen.

Menurut tinjauan literatur tahun 2010 yang lebih tua, penelitian menunjukkan menghirup uap kamomil dapat membantu meredakan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan.

4. Madu
Bahan alami seperti madu, ialah segudang manfaat untuk kesehatan salah satunya buat tenggorokan sakit. Melansir Healthline madu bisa meredakan sakit tenggorokan, dengan campurkan dua sendok makan madu dengan segelas air atau teh hangat, dan minum sesuai kebutuhan.

"Namun, madu tidak boleh diberikan pada bayi di bawah usia 1 tahun. Madu dapat membawa bakteri, seperti Clostridium botulinumyang sangat berbahaya bagi bayi," keterangan dalam website Healthline

5. Air lemon
Minuman menyegarkan yang juga dapat mengurangi sakit tenggorokan yang terjadi saat pilek atau flu. Bermanfaat untuk tenggorokan karena lemon mengandung vitamin C dan antioksidan kuat lainnya.

Senyawa ini melawan peradangan dan mengurangi stres oksidatif , yang merupakan penanda umum penyakit. Lemon juga meningkatkan jumlah air liur yang diproduksi tubuh, yang dapat membantu menjaga kelembapan selaput lendir.
(hri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1908 seconds (0.1#10.140)