5 Komunitas Tertua di Indonesia, Nomor Terakhir Organisasi Alam Bebas yang Kini Berusia 59 Tahun

Senin, 13 Maret 2023 - 18:17 WIB
loading...
5 Komunitas Tertua di Indonesia, Nomor Terakhir Organisasi Alam Bebas yang Kini Berusia 59 Tahun
Wanadri merupakan salah satu komunitas tertua di Indonesia. Organisasi yang berkegiatan alam bebas ini kini telah berusia 59 tahun. Foto/Wanadri.or.id
A A A
JAKARTA - Komunitas tertua di Indonesia relatif tidak terlalu banyak. Meski demikian, ada beberapa yang cukup terkenal dengan organisasi tersebut dan telah berkontribusi banyak dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Mereka yang berkumpul di komunitas-komunitas ini umumnya mempunyai minat serta hobi yang sama hingga akhirnya melakukan kegiatan secara bersamaan.

Bahkan, tak sekadar melakukan hobinya, komunitas ini juga melakukan kegiatan bakti sosial. Lantas komunitas tertua di Indonesia apa saja itu? Berikut informasinya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

1. Penggemar Motor Udhug Indonesia Soerabaia (Pemudi’s)
5 Komunitas Tertua di Indonesia, Nomor Terakhir Organisasi Alam Bebas yang Kini Berusia 59 Tahun

Foto/Facebook Pemudi's

Klub Pemudi’s (Penggemar Motor Udhug Indonesia Soerabaia) didirikan pada 22 Februari 1982. Komunitas motor ini telah berusia 41 tahun. Dalam komunitas ini, terdapat jenis motor legendaris buatan Eropa yang pernah turut andil menjadi kendaraan perang.



Sejak berdiri di tahun 1982, Pemudi’s merupakan komunitas yang menampung penggemar motor tua produksi Eropa dari berbagai merek. Pada 1994, Pemudi’s masuk ke dalam MACI (Motor Antique Club Indonesia). Hal tersebut semakin memantabkan komunitas ini yang tidak sekadar main motor atau kumpul-kumpul saja.

Banyak kegiatan positif yang dilakukan Pemudi’s, seperti sharing pengalaman, touring silaturahmi, hingga cara mendisplay kendaraan motor di suatu event. Melansir akun Instagram @montorudhug, komunitas ini sering membagikan aktivitasnya. Tampak dalam foto yang diunggah pada 18 Februari 2023, deretan motor antik milik komunitas Pemudi’s ini berjajar di pinggir kota Surabaya.

2. Volkswagen Beetle Club (VBC)
5 Komunitas Tertua di Indonesia, Nomor Terakhir Organisasi Alam Bebas yang Kini Berusia 59 Tahun

Foto/Aircooledsyndicate

VBC (Volkswagen Beetle Club) didirikan pada 6 Juni 1982. Komunitas ini berawal dari kumpul-kumpul sesama penggemar VW Beetle atau yang lebih dikenal VW Kodok. Kumpulan pemuda yang sering bertemu di Senopati, Jakarta Selatan ini pun menjadikan ajang kumpul-kumpul tersebut menjadi komunitas otomotif yang mengkhususkan pada mobil VW Beetle.

Melansir akun Instagram @volkswagenbeetleclub, komunitas ini kerap melakukan sunmori atau Sunday morning sambil bersilaturahmi dengan orang-orang tergabung dengan komunitas ini. Selama kurun waktu 41 tahun, VBC sudah banyak mengadakan beragam aktivitas. Mulai dari drag race, touring, hingga bakti sosial.

3. Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI)
5 Komunitas Tertua di Indonesia, Nomor Terakhir Organisasi Alam Bebas yang Kini Berusia 59 Tahun

Foto/pasuruankota.go.id

PPMKI (Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia) lahir dari semangat untuk melestarikan mobil kuno yang mempunyai arti penting bagi sejarah dan perkembangan teknologi Indonesia. Pada 13 November 1979, PPMKI resmi berdiri dengan ketua pertama yaitu Solihin GP. Aktivitas pertama yang dilakukan adalah Joy Tour ke pantai Carita dan Cimelati.

PPMKI mengadakan reli mobil kuno yang pertama dengan rute Jakarta-Semarang pada 1980. Untuk menjadi anggota komunitas PPMKI, mobil yang didaftarkan harus keluaran maksimal 1979. Mobil yang tergabung dalam komunitas ini pun beragam. Ada mobil sedan, pikap, hingga station wagon. Melansir akun Instagram @ppmkipusat, komunitas ini telah melakukan regional touring. Tidak hanya melakukan touring, komunitas ini juga melakukan gathering hingga bakti sosial.

4. Black Angels Motorcycle Club (BAMC)
5 Komunitas Tertua di Indonesia, Nomor Terakhir Organisasi Alam Bebas yang Kini Berusia 59 Tahun

Foto/Instagram @blackangelsmc

BAMC (Black Angels Motorcycle Club) adalah salah satu komunitas tertua di Indonesia. Komunitas ini didirikan sejak 2 Januari 1979. BAMC berdiri atas prakarsa Indro Warkop, Tony Dhono, serta Rafiadjie Rafioen. Umur komunitas motor gede ini cukup matang yaitu 44 tahun dan menjadi refleksi kesuksesan BAMC selama perjalanannya.

Tujuan didirikan BAMC adalah sebagai wadah untuk pecinta motor gede dengan berlandaskan asas kekeluargaan. Tak hanya itu, komunitas ini ingin menjadi panutan dalam berlalu lintas. Selain itu, BAMC juga kerap melakukan kegiatan sosial.

Melansir Instagram @blackangelsmc, dalam memperingati Anniversary Black Angel MC yang ke 44, komunitas ini berkesempatan untuk mengunjungi Yayasan Pendidikan Luar Biasa (YPLB Nusantara) di Depok pada Februari 2023. Mereka pun dihibur oleh para penghuni panti.

5. Wanadri
5 Komunitas Tertua di Indonesia, Nomor Terakhir Organisasi Alam Bebas yang Kini Berusia 59 Tahun

Foto/pdw.wanadri.or.id

Wanadri atau Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri merupakan organisasi kegiatan alam bebas yang berada di Bandung. Wanadri dicetuskan pada 17 Januari 1964 oleh enam orang pemuda mantan pandu yang kemudian dikenal sebagai Angkatan Pendiri. Mereka terdiri atas Harry Hardiman Soebari, Ronny Nurzaman, Bambang Pramono, Satria Widjaja Somantri, Achmad Fadillah, serta Achmad Hidayat.

Wanadri diresmikan pada 16 Mei 1964. Saat itu juga dikukuhkan Angkatan Kedua Wanadri yaitu Angkatan Pelopor. Untuk menjadi seorang Wanadri harus melewati beberapa tahapan, mulai dari tahap seleksi yang meliputi seleksi administrasi dan seleksi teknis, hingga pembinaan.

Setelah lulus dari tahap seleksi, calon peserta akan masuk dalam tahap PDW yang terbagi tiga fase yaitu Pra-PDW, Basic PDW, dan Operasional PDW. Tahap berikutnya yang harus dilewati adalah tahap pembinaan. Usai menyelesaikan pembinaan, anggota Wanadri yang layak akan mendapatkan NRP (nomor registrasi pokok).

Saat ini, Wanadri yang telah berusia 59 tahun mampu menunjukkan konsistensinya. Sepanjang keberadaannya, ekspedisi yang dilakukan oleh Wanadri merupakan perwujudan dan perjuangan untuk memupuk nasionalisme melalui alam.

Di antara ekspedisi tersebut adalah Ekspedisi Terbang Solo Sabang-Merauke, Ekspedisi Garis Depan Nusantara, hingga Ekspedisi Seven Summits. Pada Januari 2012, Tim Ekspedisi 7 Summit dan Wanadri Indonesia berhasil mencapai puncak Gunung Vinson Massif di Antartika yang berketinggian 4.892 mdpl.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)