4 Cara Mencegah Kolesterol Tinggi, Nomor Terakhir Harus Rutin Dilakukan

Rabu, 15 Maret 2023 - 13:10 WIB
loading...
A A A
Setelah jam, kini jenis makanan. Agar mencegah kolesterol tinggi, seseorang harus doyan makan makanan berserat, seperti buah dan sayur. Itu juga harus ada di piring makan dan jumlahnya harus lebih banyak dibandingkan nasi dan lauk. Ini terkait juga dengan jumlah makanan, ya.

Lauk apa yang baik untuk mencegah kolesterol adalah ikan dan ayam. "Daging merah itu mengandung kalori yang tinggi dan kalori sangat berkaitan dengan kolesterol," paparnya.

Sekarang bagaimana dengan jurus masak? Dr Olivia menyarankan agar pilih makanan panggang ketimbang goreng, dan rebus ketimbang bakar. Makanan yang digoreng dapat meningkatkan kadar kolesterol.

2. Olahraga

Olahraga punya peran mencegah kolesterol tinggi. Olahraha yang disarankan itu 30 menit dalam satu hari. Jadi, kalau per minggu semestinya 150 menit, karena olahraha yang baik itu dilakukan 5-7 kali dalam seminggu.

"Saya menganjurkan agar orang sehat atau penderita kolesterol tinggi agar perbanyak jalan kaki. Ini berlaku juga bagi yang baru habis makan, jangan leyeh-leyeh," ungkapnya.

3. Tidak merokok

Kebiasaan merokok itu membuat lemak gampang numpuk di pembuluh darah yang pada akhirnya bisa menjadi plak dan sebabkan masalah kesehatan serius.

4. Rutin kontrol dan medical check up

Ini juga jangan lupa dilakukan sebagai upaya mencegah kolesterol tinggi. "Kalau tidak kenal maka tidak sayang. Artinya, Anda harus cek kolesterol supaya ketahuan berapa kadarnya pada tubuh Anda. Kalau memang tinggi, bisa segera diatasi," tambah dr Olivia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1856 seconds (0.1#10.140)