Mengenal 13 Komplikasi Serius Akibat Stroke seperti Dialami Almarhum Nani Wijaya

Kamis, 16 Maret 2023 - 09:26 WIB
loading...
Mengenal 13 Komplikasi Serius Akibat Stroke seperti Dialami Almarhum Nani Wijaya
Stroke sangat berpotensi memunculkan penyakit lanjutan. Foto Ilustrasi/Carrus Health
A A A
JAKARTA - Pasien stroke, seperti almarhum Nani Wijaya, rentan mengalami komplikasi penyakit. Selain faktor usia, stroke sangat berpotensi memunculkan penyakit lanjutan.

Pada kasus Nani Wijaya misalnya, stroke yang diidapnya memicu luka di tulang belakang hingga gangguan ginjal. Itu terjadi karena mobilitas sudah tidak bisa dilakukan, lantaran kaki dan tangan kirinya tak bisa bergerak.

Artis senior yang tutup usia hari ini, Kamis (16/3/2023), juga sempat mengalami sesak napas karena banyaknya lendir di paru-paru. Riwayat darah tinggi menambah daftar faktor risiko keparahan penyakit Nani.



Terlepas dari itu, stroke memang penyakit yang berisiko tinggi menyebabkan komplikasi penyakit. Setelah seseorang terdiagnosis stroke, kalau tidak di-manage dengan tepat, akan banyak penyakit penyerta yang muncul.

Menurut laporan Cooper Health, berikut 13 komplikasi paling umum dari stroke.

1. Edema Otak

Edema otak adalah pembengkakan otak pascastroke. Pembengkakan itu sendiri disebabkan penumpukan cairan dan tekanan di dalam tengkorak yang dapat memengaruhi aliran oksigen dan darah ke otak.

"Edema otak adalah kondisi yang mengancam nyawa yang membutuhkan perawatan segera," tulis laporan kesehatan itu, dikutip Kamis (16/3/2023).

Gejala edema otak yaitu:

1. Sakit kepala.

2. Mual.

3. Muntah.

4. Susah napas.

5. Alami penurunan penglihatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3338 seconds (0.1#10.140)