Penuhi Target 120 Juta Pergerakan saat Mudik Lebaran, Menparekraf Upayakan Hal Ini

Senin, 20 Maret 2023 - 22:28 WIB
loading...
Penuhi Target 120 Juta Pergerakan saat Mudik Lebaran, Menparekraf Upayakan Hal Ini
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berupaya untuk menggenjot promosi maupun diskon untuk tiket pesawat, kamar hotel, hingga paket desa wisata. / Foto: Novie Fauziah
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berupaya untuk menggenjot promosi maupun diskon untuk tiket pesawat, kamar hotel, hingga paket desa wisata. Ini dilakukan dalam rangka menyambut datangnya Ramadan dan mudik Lebaran 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno akan memastikan bahwa mudik Lebaran mendatang bisa memenuhi target 120 juta pergerakan.

Menurutnya, agar dunia pariwisata Tanah Air mampu bangkit, maka perlu ada sejumlah paket wisata dan diskon bagi para wisatawan.



"(Realisasinya) mungkin di minggu kedua menjelang mudik lebaran bisa kita umumkan," ungkap Menparekraf Sandiaga Uno saat Weekly Press Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2023).

Dalam merealisasikan hal tersebut, Kemenparekraf akan mengupayakannya dengan berkolaborasi bersama berbagai mitra. Sehingga nantinya, paket-paket ke desa wisata yang tersebar di berbagai daerah, khsusnya jalur pemudik seperti Pulau Jawa, bisa jadi daya tarik dan dikunjungi.

"Contohnya, jalur lintas selatan. Kita bisa ke Pujon Kidul, di Kabupaten Malang dan Desa Wisata Taman Sari di Banyuwangi," paparnya.

Menparekraf Sandiaga Uno juga menyampaikan bahwa terdapat sejumlah Paket Wisata Nusantara (Pak Wisnu) melalui program Beli Kreatif Desa Wisata (Beti Dewi), dan nantinya menggunakan platform daring.

Untuk saat ini, kata dia, harga tiket pesawat dikabarkan sudah berangsur menurun. Akan tetapi, menjelang lebaran nanti akan terjadi kenaikan karena padatnya permintaan ketersediaan kursi.

"Ini kan turun (harga) tiket pesawat. Tapi justru ini adalah sementara, bahkan nanti begitu menjelang lebaran pasti akan meningkat lagi," terangnya.

Dengan demikian, adanya promo-promo yang ditawarkan, diharapkan bisa mengisi kekosongan dan memastikan masyarakat yang ingin berlibur bisa mengatur jadwal dan waktunya sendiri.



"Sehingga tidak membeli tiket saat betul-betul sedang banyak permintaan dan mahal. Tapi justru bisa dibelikan tiketnya sekarang," tutup Menparekraf Sandiaga Uno.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2402 seconds (0.1#10.140)