Tingkatkan Kualitas Susu, FFI Gelar Program Renovasi Kandang

Sabtu, 18 Juli 2020 - 15:15 WIB
loading...
Tingkatkan Kualitas Susu, FFI Gelar Program Renovasi Kandang
FFI berharap program renovasi kandang dapat mendukung pencapaian target produksi susu segar nasional. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - PT Frisian Flag Indonesia (FFI) saat ini tengah menjalankan program renovasi kandang bagi para peternak sapi perah di Lembang dan Pangalengan, Jawa Barat . Program ini digelar untuk membantu para peternak yang merupakan mitra FFI dalam menyediakan produk-produk bergizi untuk memiliki kandang ideal yang lebih nyaman dan higienis bagi sapi perah ternaknya agar dapat meningkatkan produktivitas susu sapi .

(Baca juga: Penyuluhan Tidak Berhenti, Produksi Susu Sapi di Malang Terjaga )

Memiliki kandang yang baik dan sesuai standar merupakan syarat utama bagi kenyamanan peternak dan sapi perah, karena kandang berfungsi sebagai rumah bagi ternak serta sarana untuk melakukan berbagai aktivitas produksi lainnya. Syarat kandang yang baik ditentukan melalui pemilihan lokasi, tata letak, konstruksi, bahan, sirkulasi udara dan perlengkapan kandang. Saat ini, sebagian besar kondisi kandang sapi perah di Indonesia belum memenuhi syarat-syarat tersebut. Selain karena faktor pengetahuan, biaya yang cukup besar untuk membangun kandang yang baik juga menjadi tantangan peternak .

Project Manager DDP & FDOV PT Frisian Flag Indonesia, Akhmad Sawaldi menyampaikan bahwa Program Renovasi Kandang dari FFI mengacu pada Good Dairy Farming Practice yang diterapkan FrieslandCampina di seluruh dunia. Program ini dimaksudkan untuk membantu peternak sapi perah menghadapi tantangan menyamankan sapi perah dan memudahkan pekerjaan peternak di kandang menjadi lebih ringan, karena dengan meningkatkan kenyamanan sapi perah sehingga menghasilkan produktivitas sapi yang lebih baik.

"Program Renovasi Kandang dari FFI memiliki empat tujuan, yakni memperbaiki kondisi kandang, meningkatkan kenyamanan sapi perah, meningkatkan produktivitas ternak , serta menjadikan peternak dan kandangnya sebagai contoh bagi peternak sapi perah lainnya," ujar Akhmad dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/7).

(Baca juga: Kementan: Tingkat Konsumsi Susu di Indonesia Masih Rendah )

Lebih lanjut, Akhmad memaparkan bahwa bagian-bagian kandang yang mendapat perhatian dalam program renovasi ini antara lain struktur kandang, tempat ternak ternak , hingga lantai kandang.

Salah satu anggota peternak dari Koperasi KPSBU Lembang peserta Program Renovasi Kandang FFI, Alit Ruhiyat mengakui, program ini memberikan perubahan yang signifikan terhadap peternakan dan usaha susu sapi perah miliknya. "Saya merasakan perubahan yang berarti setelah mengikuti Program Renovasi Kandang dari FFI. Beban pekerjaan berkurang menjadi lebih ringan dan merawat sapi perah miliknya juga lebih mudah dibandingkan sebelumnya," katanya.

Dari beberapa bagian yang direnovasi, Alit mengungkapkan bahwa yang paling dirasa manfaatnya adalah perbaikan atap. Kini atap kandang sapi miliknya lebih tinggi menghasilkan sirkulasi udara yang lebih baik dan membuat sapi-sapi perah ternaknya lebih nyaman dan sehat.

Ketua KPSBU Lembang sekaligus Ketua GKSI (Gabungan Koperasi Seluruh Indonesia), Dedi Setiadi berpendapat bahwa Program Renovasi Kandang memberikan manfaat nyata dalam upaya peningkatan produksi susu sapi , dengan rata-rata peningkatan antara satu sampai dua liter per ekor per hari.

(Baca juga: Di Balik Kesuksesannya, Vionita Sihombing Ternyata Pernah Alami Kegagalan )

"Dengan jumlah pakan yang sama, peningkatan hasil produksi susu sapi yang dialami rekan-rekan peternak dengan perbaikan kandang ini terbilang sangat menggembirakan. Ini membuktikan bahwa kandang sapi perah yang dibangun dengan baik sesuai standar GDFP mampu meningkatkan produksi," ujar Dedi.

Sementara itu, program FFI ini juga bisa diikuti peternak sapi perah mitra FFI lainnya dengan mendaftarkan kandangnya yang akan ditindaklanjuti tim FFI dengan proses verifikasi dan seleksi. Jika seluruh persyaratan sudah terpenuhi, tim kontraktor yang ditunjuk FFI akan memulai proses administrasi dan melakukan renovasi. FFI berharap program ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan para mitra peternak sapi di Indonesia serta mendukung pencapaian target produksi susu segar nasional.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)