Sandiaga Uno: Film Terpilih Festival Film Bulanan Lokus 2 Miliki Dampak Positif Ekonomi, Sosial, dan Budaya

Rabu, 22 Maret 2023 - 22:39 WIB
loading...
A A A


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pun memberikan ucapan selamat atas terpilihnya Film "Romansa di Balik Pagar Akal" dan "Penjara Segara". Ia berharap film-film yang dihasilkan dari Festival Film Bulanan selalu bisa bermakna, sehingga dapat berdampak positif, baik secara ekonomi, sosial, maupun budaya.

Sandiaga mengatakan, kreativitas, khususnya film, dapat mengimajinasikan, menggerakkan, dan mengubah perspektif manusia.

“Film juga merupakan subsektor ekonomi kreatif yang memiliki kekuatan sebagai media yang mampu menginspirasi, menghibur, dan mempengaruhi penonton. Melalui film kita bisa melihat keindahan alam, budaya yang ada di latar ceritanya, dan secara tidak langsung bisa mentransformasikan sebuah daerah sebagai destinasi wisata,” ujar Sandiaga.

Sandiaga yakin karya film produksi filmmaker lokal dapat memberikan impact yang besar terhadap pariwisata Indonesia. Apalagi di tahun kedua Festival Film Bulanan ini berupaya memfokuskan pada kegiatan aktivasi, distribusi, dan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengantarkan karya-karya sineas lokal ke industri perfilman nasional maupun internasional.

Sebagai bentuk apresiasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, bagi kedua film terpilih akan mendapat sertifikat, suvenir, kesempatan mengikuti workshop perfilman, dan menjadi nominator di malam penganugerahan Festival Film Bulanan yang diselenggarakan pada Desember 2023.

Selain itu, sebagai bagian dari eksibisi, akan ada penayangan poster digital di sejumlah area gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta penayangan film di acara Sinema Keliling, bioskop maupun media Over the Top (OTT).

Untuk itu, Sandiaga mengimbau para sineas yang berada di wilayah Jakarta dan Jawa Timur agar mempersiapkan diri karena pendaftaran Lokus 3 akan dibuka pada 2 April mendatang.

“Kami di Kemenparekraf bersama Festival Film Bulanan berkomitmen untuk terus mendukung para pelaku kreatif subsektor film untuk berkarya menghasilkan film-film terbaik. Optimistis film Indonesia akan menang Oscar suatu saat nanti!” pungkas Sandiaga.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi akun Instagram @festivalfilmbulanan dan website festivalfilmbulanan.com.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)