Ini 5 Manfaat Buka Puasa dengan Kurma, Sudah Tahu Belum?

Jum'at, 24 Maret 2023 - 11:56 WIB
loading...
Ini 5 Manfaat Buka Puasa dengan Kurma, Sudah Tahu Belum?
Terdapat sejumlah manfaat ketika buka puasa dengan kurma. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah manfaat ketika buka puasa dengan kurma . Salah satunya adalah mengembalikan energi pada tubuh.

Pada perkembangannya, buah kurma menjadi salah satu makanan yang sangat identik dengan bulan ramadan. Selain menjadi anjuran dari Nabi Muhammad SAW, kurma juga memiliki sederet manfaat akan sangat berguna bagi orang yang mengonsumsinya.


Manfaat Makan Kurma Saat Buka Puasa

Berikut sejumlah manfaat penting dari buka puasa dengan kurma.

1. Mengisi Energi pada Tubuh

Saat melakukan aktivitas keseharian sambil berpuasa, biasanya tubuh akan berangsur-angsur kehilangan energinya. Maka dari itu, mengonsumsi kurma saat buka puasa bisa menjadi pilihan tepat.

Mengutip laman Steemit, Jumat (24/3/2023), kurma memiliki kandungan glukosa yang cukup tinggi. Hal ini bisa menjadi sumber energi yang nantinya bisa mengembalikan energi pada tubuh.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Salah satu masalah yang kerap muncul saat seseorang berpuasa adalah sembelit. Tak perlu khawatir, karena buah kurma bisa menjadi salah satu alternatif tepat untuk mengatasinya.

Sekadar informasi, kurma ini memiliki kandungan serat yang bisa memadatkan feses, sehingga nantinya sistem pencernaan bisa lancar. Maka dari itu, konsumsi buah kurma saat berbuka menjadi hal bagus untuk dilakukan.

3. Menjaga Kekebalan Tubuh

Kandungan dalam kurma juga bisa menjaga kekebalan tubuh. Hal ini karena buah tersebut mengandung antioksidan yang berfungsi untuk mencegah peradangan serta radikal bebas.

Dalam hal ini, terdapat setidaknya 3 jenis antioksidan paling potensial dalam kurma, yaitu flavonoid, karotenoid, hingga asam fenolat. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat untuk menjalani periode bulan ramadan dengan berpuasa sebulan penuh.


4. Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

Saat seseorang berpuasa, kadar gula pada tubuh bisa turun secara drastis. Dalam hal ini, konsumsi kurma bisa menjadi solusi tepat.

Guna mengembalikan kadar gula menjadi normal, Anda bisa memakan kurma yang memiliki kandungan manis alami di dalamnya.

5. Menghindari Makan Berlebih saat Berbuka

Saat buka puasa, biasanya seseorang akan kalap untuk banyak mengonsumsi makanan yang tampak menggiurkan. Hal ini sebenarnya kurang bagus, karena bisa memicu rasa tidak nyaman di perut, termasuk membuat kembung.

Sebagai solusinya, memakan buah kurma saat berbuka bisa mencegah hal tersebut. Dengan berbagai kandungan bermanfaat yang dimiliki, konsumsi kurma bisa membuat Anda merasa kenyang, sehingga waktu makan beratnya bisa dilakukan secara berkala alias tidak langsung.

Itulah sederet manfaat buka puasa dengan konsumsi buah kurma yang perlu diketahui.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5080 seconds (0.1#10.140)