7 Khasiat Kurma untuk Kesehatan yang Sudah Terbukti

Sabtu, 16 April 2022 - 23:10 WIB
loading...
7 Khasiat Kurma untuk Kesehatan yang Sudah Terbukti
Kurma sering dikonsumsi saat buka puasa selama bulan Ramadhan. Buah yang bergizi ini dapat menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang cukup mengesankan. Foto/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Kurma sering dikonsumsi saat buka puasa selama bulan Ramadhan . Buah yang bergizi ini dapat menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang cukup mengesankan karena mengandung beberapa nutrisi penting dan memiliki berbagai manfaat dan kegunaan.

Manfaat tersebut bisa Anda dapat mengonsumsinya langsung atau memasukkan buah super ini ke dalam camilan, minuman atau menu makanan Anda lainnya. Kurma sendiri tumbuh di pohon kurma dalam kelompok kecil. Istilah kurma berasal dari kata Yunani daktulos yang berarti jari-jari.

Petani memanen kurma di musim gugur dan awal musim dingin, jadi kurma biasanya terasa paling segar pada saat ini. Namun, banyak orang makan kurma kering, yang bisa bertahan lama dalam wadah tertutup. Lantas apa saja manfaat kurma untuk kesehatan?

Berikut tujuh khasiat kurma untuk kesehatan dilansir dari Health, Sabtu (16/4/2022).

Baca Juga: Disunnahkan untuk Berbuka Puasa, Ini 5 Jenis Kurma yang Umum Ditemukan

1. Kaya Nutrisi

Tiga buah kurma mengandung sekitar 200 kalori, 54 gram karbohidrat dengan sekitar 5 gram serat, satu gram protein, dan tanpa lemak. Porsi ukuran ini juga memasok sejumlah kecil berbagai nutrisi, termasuk vitamin B, vitamin K, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, seng, dan mangan. Dengan kata lain, kurma bukan sekadar bom gula atau kalori kosong.

2. Mengandung antioksidan

Selain kandungan vitamin dan mineralnya, kurma kaya akan antioksidan pelindung kesehatan. Penelitian dalam Journal of Pharmacy & BioAllied Sciences menyatakan kurma adalah sumber antioksidan alami yang baik, yang dapat digunakan untuk pengelolaan penyakit terkait stres oksidatif. Stres oksidatif terjadi ketika ada ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas yang merusak sel dan kemampuan tubuh untuk melawan efek berbahayanya.

Ini adalah pendahulu penuaan dan kerusakan sel yang dapat menyebabkan penyakit. Kurma juga mengandung senyawa anti-inflamasi dan antimikroba, yang berarti mereka juga dapat berperan dalam memerangi penyakit menular. Penelitian lain menunjukkan bahwa kurma mengandung banyak antioksidan, termasuk karotenoid, polifenol seperti asam fenolik, isoflavon, lignan, dan flavonoid, tanin, dan sterol. Kurma juga memiliki sifat antijamur.

3. Tidak Memberikan Gula Tambahan
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2146 seconds (11.252#12.26)