Pria Ini Rutin Olahraga 8 Jam Sehari selama 20 Tahun, Dampaknya Ternyata Bikin Ngeri

Minggu, 26 Maret 2023 - 09:23 WIB
loading...
Pria Ini Rutin Olahraga 8 Jam Sehari selama 20 Tahun, Dampaknya Ternyata Bikin Ngeri
Kisah pria berusia 60 tahun yang biasa berolahraga selama 8 jam sehari menghebohkan publik belum lama ini. Foto Ilustrasi/News Medical
A A A
HENAN - Kisah pria berusia 60 tahun yang biasa berolahraga selama 8 jam sehari menghebohkan publik belum lama ini. Pria tersebut melakukan aktivitas fisik seperti berjalan, jogging, dan sit-up ratusan kali.

Akibat kebiasaannya itu, si pria menderita artritis degeneratif parah dan hampir tidak bisa bergerak karena merasa sakit.

Surat kabar China, Shanxy Daily, menampilkan sebuah kisah tragis seorang pria berusia 60 tahun tersebut yang berasal dari Henan. Singkat cerita, pria itu baru menekuni olahraga di usia 40-an, namun dia melakukannya secara berlebihan hingga merusak persendian.



Pria yang tinggal di Zhengzhou tersebut dilaporkan berolahraga sekitar dua setengah jam setiap pagi, berjalan, berlari, hingga melakukan pull-up. Tidak hanya itu, pria tersebut juga berenang selama sekitar dua jam, dan kemudian melakukan 800 sit-up sehari, ditambah ratusan push-up dan bermain bulu tangkis.

Seperti dilansir dari laman Odditycentral, Minggu (26/3/2023), akibat melakukan olahraga secara berlebihan, tubuh pria itu akhirnya menyerah dan dia mulai mengalami sakit parah pada bagian persendian.

Tidak jelas apakah pria itu mengikuti latihan ekstrem setiap hari atau tidak, karena sepertinya mustahil dilakukan, kecuali dia seorang instruktur kebugaran atau pengangguran, bila melakukan olahraga hingga 8 jam dalam sehari.



Parahnya, dia melakukan kebiasaan olahraga 8 jam sehari selama 20 tahun. Hingga beberapa minggu yang lalu lutut dan sikunya menjadi sangat sakit, dan sampai pada titik tidak bisa bergerak.

Akhirnya pihak keluarga membawanya ke Rumah Sakit Ortopedi Luoyang di Provinsi Henan, setelah nyeri persendiannya menyiksa. Dokter mendiagnosis pria tersebut menderita artritis degeneratif parah, hiperplasia, dan degenerasi sendi siku. Semuanya disebabkan oleh olahraga berlebihan.

Akibat kasus tersebut, Lian Jie selaku Direktur Rumah Sakit Ortopedi Luoyang, turun ke Weibo untuk mengingatkan masyarakat umum untuk tidak berlebihan dalam berolahraga. Karena, berolahraga 3-5 kali seminggu selama 1-1,5 jam sudah cukup optimal.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2166 seconds (0.1#10.140)