5 Tips Berpuasa Bagi Ibu Menyusui, Salah Satunya Penuhi Kebutuhan Cairan

Rabu, 29 Maret 2023 - 05:30 WIB
loading...
5 Tips Berpuasa Bagi Ibu Menyusui, Salah Satunya Penuhi Kebutuhan Cairan
Berpuasa bagi ibu menyusui memiliki banyak manfaat. Namun, ada beberapa tips yang harus diketahui agar tubuh tetap sehat dan puasa berjalan lancar. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Berpuasa bagi ibu menyusui memiliki banyak manfaat. Namun, ada beberapa tips yang harus diketahui agar tubuh tetap sehat dan puasa berjalan lancar.

Sebab, membatasi asupan kalori selama menyusui dapat memengaruhi suplai ASI. Hal ini tentu saja akan berpengaruh untuk si kecil.

Karena itu, penting bagi ibu menyusui memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan menjalankan puasa. Di sisi lain, ibu menyusui juga dianjurkan konsultasi ke dokter untuk memeriksakan kesehatannya.

Tips Berpuasa Bagi Ibu Menyusui



Berikut tips berpuasa bagi ibu menyusui dilansir dari The Health Muslims, Rabu (29/3/2023).



1. Penuhi Kebutuhan Cairan


Hal pertama yang perlu diperhatikana adalah memenuhi kebutuhan cairan. Ini karena menyusui bisa membuat Anda haus. Jadi, pastikan mendapatkan cukup cairan.

Ini penting terutama selama bulan-bulan musim panas untuk menghindari dehidrasi. Karenanya pastikan kebutuhan cairan cukup baik saat sahur dan berbuka.

2. Perhatikan Kalori


Tips selanjutnya adalah memerhatikan kalori. Saat berpuasa lebih dari 12 jam, tentu tubuh akan kehilangan banyak energi, terlebih ibu hamil yang nutrisinya diserap oleh bayi.

Untuk menambah asupan kalori, Anda bisa mengonsumsi smoothie yang kental dan bergizi. Smoothie tersebut bisa dikonsumsi khususnya saat sahur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1371 seconds (0.1#10.140)