5 Cara Atasi Mengantuk saat Puasa, Ampuh Tanpa Kopi

Selasa, 28 Maret 2023 - 18:07 WIB
loading...
5 Cara Atasi Mengantuk saat Puasa, Ampuh Tanpa Kopi
Ada beberapa cara untuk mengatasi mengantuk saat puasa. Anda bahkan bisa mencobanya tanpa kopi, salah satu minuman yang dipercaya bisa membuat tetap terjaga. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada beberapa cara untuk mengatasi mengantuk saat puasa . Anda bahkan bisa mencobanya tanpa kopi, salah satu minuman yang dipercaya bisa membuat tetap terjaga sepanjang hari dan berenergi.

Tidur yang berkualitas masih merupakan cara terbaik untuk memastikan Anda beristirahat dengan baik sepanjang malam dan merasakan energi yang lebih stabil di siang hari. Sehingga tidak mudah mengantuk .

Namun, selama puasa kerap terjadi perubahan istirahat yang membuat Anda lebih mudah ngantuk saat siang hari. Berikut cara mengatasi ngantuk saat puasa tanpa kopi dilansir dari CNN, Selasa (28/3/2023).

Cara Atasi Mengantuk saat Puasa


Baca Juga: 3 Penyakit Mengintai Akibat Tidur setelah Sahur yang Harus Diwaspadai


1. Yoga


Melakukan yoga selama 5 menit di pagi hari dapat membuat energi meningkat. Anda akan membangunkan tubuh dengan meningkatkan sirkulasi dan melonggarkan kekakuan atau rasa sakit, dan memulai otak menciptakan endorfin yang terasa enak dari gerakan yoga.

Gerakan apa pun yang mengangkat lengan di atas kepala, meregangkan punggung kaki atau mempercepat detak jantung akan membantu meningkatkan energi.

2. Keluar Ruangan


Membangunkan tubuh dan pikiran Anda melalui gerakan jauh lebih alami dan tahan lama daripada dorongan energi dari kopi. Melakukan ini di luar ruangan dapat menggandakan potensi manfaatnya.

Kardio dan meningkatkan detak jantung sehingga berfungsi sebagai dorongan energi. Jalan pagi juga bisa memberi perubahan perspektif karena Anda melihat hal yang berbeda, langit, pepohonan, alam, dan lainnya. Berjalan di luar juga meningkatkan energi karena suhunya.


3. Mendengarkan Musik yang Ceria


Mendengarkan musik ceria bisa memberi Anda semangat dan terutama jika Anda melakukannya saat berolahraga. Musik dengan tempo tinggi yang setara dengan sekitar 170 detak jantung per menit dapat meningkatkan suasana hati sebelum berolahraga, mengurangi persepsi rasa sakit dan kelelahan selama latihan, dan meningkatkan kinerja dan daya tahan.

4. Aromaterapi


Aromaterapi, penggunaan ekstrak tumbuhan aromatik dan minyak esensial untuk inhalasi terapeutik, pijat, atau mandi dapat bekerja untuk beberapa orang. Mandi dengan sabun mandi yang memberi energi seperti jeruk juga bisa mencegah ngantuk.


5. Dekat dengan Alam


Penelitian menunjukkan bahwa berada di sekitar alam, bahkan untuk waktu yang singkat, membuat orang merasa lebih berenergi. Para ahli menilai bahwa ini ada hubungannya dengan dampak alam pada penurunan respons stres.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2260 seconds (0.1#10.140)