5 Tips Puasa Ramadan yang Aman buat Penderita Diabetes

Rabu, 29 Maret 2023 - 14:41 WIB
loading...
5 Tips Puasa Ramadan yang Aman buat Penderita Diabetes
Penderita diabetes atau diabetesi sangat dianjurkan untuk mengatur dan memperhatikan pola makan, aktivitas fisik, serta jadwal minum obat selama bulan Ramadan. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Para pasien diabetes pada dasarnya masih bisa menjalani ibadah puasa secara aman. Dengan catatan, kadar gula dalam darahnya terkontrol.

Penderita diabetes atau diabetesi sangat dianjurkan untuk mengatur dan memperhatikan pola makan, aktivitas fisik, serta jadwal minum obat selama bulan Ramadan.

Namun, apabila Anda termasuk dalam penderita diabetes dengan risiko tinggi, maka tidak disarankan untuk berpuasa.



Dilansir dari laman Virta Health, Rabu (29/3/2023), berikut 5 tips berpuasa yang aman bagi para diabetesi.

1. Konsultasi pada Dokter


Apabila Anda khawatir untuk membuat keputusan berpuasa, tak ada salahnya untuk mengonsultasikannya dengan dokter.

Puasa memengaruhi gula darah dan tekanan darah, jadi jika Anda sedang menjalani pengobatan untuk diabetes atau tekanan darah tinggi, dokter Anda mungkin perlu melakukan penyesuaian selama Ramadan. Penyesuaian ini harus dilakukan di bawah pengawasan dokter Anda, bukan Anda sendiri.

2. Tetap Terhidrasi


Pastikan Anda minum cukup cairan selama sahur dan berbuka. Jika cuaca di bulan Ramadan terasa hangat, usahakan untuk tetap berada di tempat yang sejuk dan batasi aktivitas fisik untuk meminimalkan jumlah cairan yang hilang di siang hari.

3. Uji Glukosa Darah saat Berpuasa


Hal paling berbahaya yang bisa terjadi pada Anda saat berpuasa adalah gula darah rendah (kejadian hipoglikemik), gula darah tinggi (kejadian hiperglikemik) dan dehidrasi.

Pastikan untuk memperhatikan tanda-tanda ini, yang dapat mencakup penglihatan kabur, detak jantung tidak teratur, pusing/pingsan, dan kebingungan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2447 seconds (0.1#10.140)