Jangan Kalap, Ini Aturan Buka Puasa Biar Tidak Sakit Perut

Kamis, 30 Maret 2023 - 19:09 WIB
loading...
Jangan Kalap, Ini Aturan Buka Puasa Biar Tidak Sakit Perut
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat buka puasa agar tidak sakit perut. Salah satunya tidak kalap saat menyantap berbagai makanan dan minuman. Foto/Gahsoon Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat buka puasa agar tidak sakit perut . Salah satunya tidak kalap saat menyantap berbagai makanan dan minuman yang tersaji di meja.

Namun sayang, kebanyakan orang justru kalap dengan mengonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan. Hal ini bahkan sudah menjadi kebiasaan setiap kali buka puasa di bulan Ramadan.

Akibatnya, timbul berbagai macam keluhan. Mulai dari begah hingga sakit perut yang mengganggu. Selain itu, hal ini juga menyebabkan Anda tidak mendapatkan manfaat dari puasa.

Aturan Buka Puasa Biar Tidak Sakit Perut



Berikut aturan buka puasa agar tidak sakit perut dilansir dari Body Fast, Kamis (30/3/2023).



1. Makan Porsi Kecil


Saat berbuka puasa, mulailah dengan porsi kecil, sekitar setengah dari ukuran biasanya. Tunggu sekitar 20 menit setelahnya dan tambahkan lagi jika Anda tidak merasa kenyang. Berhati-hatilah untuk tidak makan langsung dari wadahnya dan pilih piring kecil yang warnanya berbeda dengan makanan di atasnya.

2. Makan Perlahan


Berikan perhatian penuh pada makanan Anda. Seperti bagaimana bau, rasa serta tampilannya. Makan dengan sadar dan menghindari gangguan tidak hanya akan membantu mengenali dan menghentikan kebiasaan makan. Anda juga akan jauh lebih berhasil dalam mengontrol jumlah yang dikonsumsi.

3. Makan Secukupnya


Bahkan jika Anda melakukan puasa untuk menurunkan berat badan, Anda harus makan sampai kenyang selama periode makan. Ini adalah satu-satunya cara untuk mencegah kekurangan nutrisi dan mengidam yang terkait selama periode makan Anda.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)