6 Fakta April Mop, Nomor 4 Penghormatan untuk Dewa Penipu

Jum'at, 31 Maret 2023 - 17:02 WIB
loading...
6 Fakta April Mop, Nomor 4 Penghormatan untuk Dewa Penipu
April Mop jadi salah satu budaya barat yang cukup populer. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - April Mop jadi salah satu budaya barat yang cukup populer. Hari lelucon yang bertepatan pada tanggal 1 April ini seringkali dijadikan sarana untuk menyebar hoax atau melakukan prank .

Meski seringkali menjadi hari dimana banyaknya informasi-informasi palsu tersebar, namun di April Mop ini semuanya akan dimaklumi dan justru dimaknai sebagai hari penuh kebahagiaan.


Fakta tentang April Mop

Terdapat beberapa fakta menarik tentang April Mop yang utamanya berkaitan dengan sejarah munculnya perayaan ini di berbagai negara di Eropa.

1. Berawal dari Sejarah di Prancis

Dilansir dari Historia, Beberapa sejarawan berspekulasi bahwa Hari April Mop dimulai pada tahun 1582, ketika Prancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian.

Dalam Kalender Julian, seperti dalam kalender Hindu, tahun baru dimulai dengan titik balik musim semi sekitar 1 April.

Orang-orang yang gagal menyadari bahwa awal tahun baru telah pindah ke 1 Januari dan terus merayakannya selama minggu terakhir bulan Maret hingga 1 April menjadi sasaran lelucon dan tipuan dan disebut “April fools.”

2. April Mop di Prancis

Biasanya selama April Mop kebanyakan anak-anak di Prancis akan menempelkan gambar ikan yang disebut "poisson d'avril" (ikan April) di punggung seseorang. Ikan tersebut dimaknai sebagai ikan muda yang mudah ditangkap orang.

3. April Mop di Skotlandia

Hari lelucon ini mulai berkembang di Britania Raya sejak awal 1800--an. Khususnya untuk masyarakat Skotlandia tradisi tersebut dilangsungkan selama dua hari. Dimulai dengan saling melempar lelucon, kemudian setiap orang akan melakukan prank dengan menempelkan kertas bertuliskan kata-kata jahil ke punggung orang.


4. Penghormatan Untuk Dewa Loki

Berbeda sejarahnya dengan beberapa negara lain, Norwegia merayakan hari 1 April sebagai penghormatan untuk Dewa Loki yang dikenal sebagai dewa yang licik dan suka menipu. Karenanya masyarakat kerap memberikan berita bohong dan lelucon saat April Mop.

5. Ada yang Menyamakan dengan Festival Hilaria

Ada beberapa sejarawan yang menjajarkan antara April Mop dengan Hilaria, tradisi Roma kuno yang berasal dari bahasa latin bermakna kegembiraan.

Hilaria merupakan festival yang dirayakan di Roma kuno pada akhir Maret oleh pengikut kultus Cybele. Itu melibatkan orang-orang yang menyamar dan mengejek sesama warga hingga hakim. Mereka terinspirasi oleh legenda Mesir tentang Isis, Osiris dan Seth.

6. Sering Dikaitkan dengan Vernal Equinox

April Mop di belahan bumi utara ini sering dikaitkan dengan vernal equinox, atau hari pertama musim semi dimana banyak orang yang berpendapat bahwa "Mother Nature" sedang membodohi orang-orang dengan perubahan cuaca ekstrim karena, sebelumnya mereka telah mengalami musim dingin.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1432 seconds (0.1#10.140)